Home » Seminar Nasional di Yogyakarta Tekankan Etika dan Integritas Generasi Z Melalui Pramuka

Seminar Nasional di Yogyakarta Tekankan Etika dan Integritas Generasi Z Melalui Pramuka

by Herman
Listen to this article

Yogyakarta, satumenitnews.com- Seminar Podcast nasional bertajuk “Generasi Z Beretika dan Berintegritas Didasari Nilai-Nilai Pancasila melalui Gerakan Pramuka” berhasil menarik perhatian publik.

Diselenggarakan oleh mahasiswa program Doktoral Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada Angkatan Gasal 2023, seminar ini diikuti oleh kurang lebih 500 peserta dari berbagai kalangan, baik secara offline maupun online.

Acara yang berlangsung pada 19 Juni 2024 di Aula Makorem 072/Pamungkas ini dihadiri oleh anggota Pramuka, Purna Paskibraka Indonesia (PPI), siswa SMA se-Yogyakarta, Taruna Akademi, komunitas, dan kalangan akademisi.

Seminar ini bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila pada generasi Z melalui kegiatan Pramuka, yang dikenal sebagai wadah pengembangan karakter dan etika generasi muda Indonesia.

Baca juga :  AHY Moncer Dalam Bursa Capres

Tiga pembicara utama yang memberikan materi dalam seminar ini adalah Brigjend TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si — Danrem 072/Pamungkas, GKR. Mangkubumi — Ketua Kwartir Daerah Pramuka Provinsi DIY yang diwakili oleh Bapak Sri Budoyo, dan Ghania Taufiqa Salma Wibowo — Siswa Berprestasi (Paskibraka Nasional 2022, atlet tenis Provinsi DIY).

Prof. Dr. Armaidy Armawi, M.Si, Ketua Prodi Ketahanan Nasional Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada, juga menekankan pentingnya upaya bersama dari semua kalangan untuk mendorong Gen Z berpartisipasi dalam kegiatan Pramuka.

Menurut Brigjend TNI Zainul Bahar, pendidikan karakter di era digital sangat penting. “Generasi Z harus dibekali dengan nilai-nilai etika dan moral yang kuat agar mampu menghadapi tantangan globalisasi tanpa kehilangan jati diri bangsa. Nilai-nilai Pancasila harus menjadi fondasi utama dalam pendidikan karakter tersebut,” tegasnya.

Baca juga :  Gerakan Terima kasih Ibu Bagikan Ratusan Bunga di Pasar Kramat Jati

GKR. Mangkubumi melalui Bapak Sri Budoyo juga menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka telah terbukti efektif dalam membentuk karakter positif pada generasi muda dengan mengedepankan integritas dan etika dalam kehidupan sehari-hari. Ghania Taufiqa Salma Wibowo menambahkan bahwa nilai-nilai Pancasila harus diinternalisasi oleh setiap warga negara, terutama generasi muda, dengan mengikuti perkembangan zaman.

Ketua Panitia, S. Wibawa, menekankan pentingnya menanamkan etika dan integritas dengan pendekatan yang berbeda, yakni dengan menjadi teman bagi generasi muda, bukan superior. Pendekatan ini terbukti efektif dalam komunitas “Muda Berbuat” yang beranggotakan generasi Z penuh talenta.

Seminar ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam menciptakan generasi Z yang cerdas secara akademis, berkarakter kuat, beretika, dan berintegritas tinggi berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Panitia juga mengucapkan terima kasih kepada Korem 072/Pamungkas atas dukungan penuh untuk kesuksesan seminar ini.

Baca juga :  Rina Fitri "Cahayakan" Masa Depan Anak Indonesia dengan Telur

You may also like

Leave a Comment

error: Content is protected !!