Home » KPU Wonosobo Bakal Rekrut Ribuan Petugas Pantarlih Untuk Pilkada 2024

KPU Wonosobo Bakal Rekrut Ribuan Petugas Pantarlih Untuk Pilkada 2024

Pilkada 2024

by Manjie
Listen to this article

Wonosobo, satumenitnews.com – Tahapan Pilkada 2024 di Kabupaten Wonosobo telah sampai pada perekrutan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarlih). Menurut jadwal, proses pelantikan Pantarlih akan diadakan pada Senin 24 Juni 2024 mendatang.

Komisioner KPU Wonosobo Divisi Teknis Penyelenggaraan pemilu, Robingul Ahsan mengatakan, pendaftaran Pantarlih di Kabupaten Wonosobo telah berlangsung sejak 13-19 Juni 2024.

“Sebagian besar calon Pantarlih sudah mendaftar melalui desa masing-masing.  Tapi memang masih ada yang kurang. Kita tunggu nanti hingga pukul 11.59  nanti,” jelas Robi disela bintek Pantarlih yang diadakan di Hotel Surya Asia, Rabu (19/06/2024).

Menurut Robi setelah pendaftaran ditutup calon Pantarlih akan diseleksi oleh PPS dimasing-masing desa.

Baca juga :  Setda Wonosobo Bilang ASN Punya Aturan Sendiri Dalam Kontestan Pilkada

Sedangkan untuk kebutuhan Pantarlih, dikatakan capai 2.712 orang untuk melakukan validasi di seluruh Kabupaten Wonosobo.

“Dari hasil pemetaan kami ada 1.551 TPS, jika ada TPS yang pemilihnya lebih dari 400 kami akan tempatkan 2 Pantarlih,” bebernya.

Saat ini dirinya sedang menunggu hasil hitung dan verifikasi desa-desa yang belum terisi dan masih kurang untuk Pantarlih.

“Tugas mereka cukup berat karena harus validasi data door to door. Valid dan tidaknya pemilh kita tergantung mereka saat melakukan coklit (pencocokan data pemilih). Dasar dari sukses tidaknya Pilkada ini berawal dari para pemilih, makanya kami menuntut mereka (Pantarlih) untuk tidak melakukan pendataan sembarangan,” jelasnya panjang.

Pilkada 2024 ini Robi mengatakan target KPU bisa capai 700 ribu lebih pemilih.*

Baca juga :  Melestarikan Tradisi Jawa Pada Pelaksanaan TMMD Reguler ke-120

You may also like

Leave a Comment

error: Content is protected !!