KTT G20
Home » KTT G20 Bali Banjir Pujian Dari Tokoh Dunia

KTT G20 Bali Banjir Pujian Dari Tokoh Dunia

by Tri Laksono Adi Prabowo

Badung, satumenitnews.com – KTT G20 yang diselenggarakan di Bali mendapat banyak pujian dari beberapa tokoh dunia.

Pujian tersebut mengingat Indonesia sukses menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi KTT G20 dan terkesima atas kepemimpian Presiden Joko Widodo.

Tokoh dunia petama yang memuji penyelenggaraan KTT G20 di Indonesia yakni Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Pujian yang disematkan oleh Biden yakni dengan memberikan gestur hormat mengangkat tangan kanan sejajar kening ketika bersua dengan Presiden Jokowi setibanya di The Apurva Kempinski pada Selasa (15/11/2022) kemarin.

Selain itu, melalui Akun Instagram resminya @POTUS Biden berpendapat bahwa Indonesia adalah salah satu rekan yang amat krusial bagi Negeri Paman Sam tersebut.

Baca juga :  Rusia Resesi, Imbas Konflik Berkepanjangan Dengan Ukraina

“Indonesia adalah rekan yang aktif dan krusial bagi Amerika Serikat,” tulis Biden

Perdana Menteri negeri matahari terbit Jepang Fumio Kishida juga memberikan apresiasi serta pujian kepada Indonesia atas perannya baik di kawasan regional ataupun dunia.

“Saya ingin terus bekerja sama dengan Indonesia dalam menangani isu-isu di kawasan serta isu-isu baru di global, termasuk upaya dalam mewujudkan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” kata Fumio Kishida pada Senin (14/11/2022).

Kendati sang kepala negara tidak hadir, namun Rusia melalui Kementerian Luar Negeri nya menyampaikan rasa hormat atas semangat yang di bawa indonesia untuk memulihkan krisis global.

“Kami menyambut baik pendekatan konstruktif kepemimpinan Indonesia saat ini untuk memajukan agenda pemersatu di bawah motto pemulihan ekonomi global pascakrisis,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, pada Kamis (10/11/2022).

Baca juga :  Profil Putu Ayu Saraswati, Pemandu Pemimpin Dunia di Tahura Bali

Selain kepala negara, lembaga dunia seperti PBB melalui Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guteres menilai kepemimpinan Indonesia dalam G20 dapat mengurangi ketegangan geopoltik akibat krisis dunia.

“Saya mengagumi apa yang sudah dilakukan Indonesia sebagai Presidensi G20, di bawah Presiden Joko Widodo,” kata Guterres. ***

You may also like

Leave a Comment