KTT G20 di Bali
Home » Jaga Keamanan KTT G20 di Bali, TNI AL Siagakan 14 Kapal Perang

Jaga Keamanan KTT G20 di Bali, TNI AL Siagakan 14 Kapal Perang

by Tri Laksono Adi Prabowo

Benoa, satumenitnews.com – Jaga kondisi keamanan KTT G20 di Bali, TNI AL siagakan 14 kapal perang. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk prosedur evakuasi apabila terjadi adanya gangguan.

Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Pangilma Komando Armada II Laksamana Muda T.S.N.B Hutabarat pada Minggu (13/11/2022) kemarin.

“Manakala ada gangguan di darat seperti bencana alam, bisa escape lewat laut. Kami sudah siapkan jika dibutuhkan,” ujarnya.

Menurut T.N.S.B Hutabarat atau akrab disapa Cokky Hutabarat mengemukakan bahwa TNI AL sudah melakukan segela kesiapannya yakni melalui Latihan Kesiapan Operasi (LKO).

Ia juga berujar bahwa persiapan untuk menjaga kondisi keamanan KTT G20 sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari pelaksanaan tiba.

Baca juga :  KTT G20 Bali Banjir Pujian Dari Tokoh Dunia

Salah satu persiapan yang dilakukan yakni adanya gelar pasukan TNI AL yang berlangsung di Surabaya, Jawa Timur. Gelar pasukan tersebut dipimpin langsung oleh KSAL Laksamana TNI Yudo Margono pada pekan lalu.

Sementara itu menurut Wakil Komandan Satuan Tugas Laut Laksamana Pertama Deny Prasetyo terdapat tiga kapal yang disiagakan guna melakukan proses evakuasi terhadap para delegasi serta tamu VVIP.

Tiga kapal yang disiagakan kepada para delegasi tersebut di antaranya yaitu KRI Wahidin Sudirohusodo, KRI Surabaya, dan KRI Teluk Banten.

Namun untuk total kapal yang disiagakan untuk pengamanan gelaran tersebut ada 14 kapal dengan total pasukan sekira 3 ribu personil yang terdiri dari kru kapal, marinir, serta pasukan katak.

Baca juga :  Survei PKB-ARSC: Elektabilitas PD Masuk Tiga Besar, Prabowo-Mega-AHY Layak Jadi Capres

Tak hanya menyiagakan kapal, TNI AL juga melakukan koordinasi dan berkolaborasi dengan beberapa instansi seperti Mabes TNI, Polri, Bea Cukai, Kemenhub, Kementerian Kelautan dan Perikanan guna pertukaran informasi seputar keamanan laut.

Kegiatan pengamanan laut seputar Bali dan lingkungan seputar penyeleggaraan G20 dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dengan melibatkan lebih dari 18 ribu personel.

Selain penyiagaan 14 kapal perang, TNI juga menyiagakan sebanyak 15 helikopter, dua pesawat tempur F16, serta dua Sukhoi guna kepentingan pengamanan KTT G20 di Bali. ***

You may also like

Leave a Comment