KTT G20
Home » KTT G20 Hasilkan Kerjasama, Nilai Investasi Tiongkok dan Amerika Fantastis

KTT G20 Hasilkan Kerjasama, Nilai Investasi Tiongkok dan Amerika Fantastis

by Tri Laksono Adi Prabowo

Satumenitnews.com – Gelaran KTT G20 hasilkan komitmen kerjasama, Nilai investasi Tiongkok dan Amerika Serikat bisa dibilang fantastis dibanding negara lain.

Namun tidak hanya kedua negara tersebut yang memiliki komitmen investasi dengan Indonesia. Beberapa negara lain sudah berkomitmen untuk berinvestasi di Indonesia dalam puncak kemeriahan KTT G20 Bali pada 15-16 November 2022 kemarin.

Kedua negara yang saat ini paling berpengaruh di Dunia yakni Tiongkok dan Amerika Serikat menjadi sorotan. Sebabnya yakni nilai investasi yang dihasilkan bisa dikatakan besar. Berikut penjelasan lengkapnya :

Republik Rakyat Tiongkok

Kementerian Investasi telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan CNGR Advanced Material Co Ltd. Perusahaan tersebut merupakan produsen ternary precursor asal Tiongkok.

Baca juga :  Jaga Keamanan KTT G20 di Bali, TNI AL Siagakan 14 Kapal Perang

Kerjasama tersebut sangat selaras dengan ambisi Indonesia untuk beralih ke kendaraan listrik. Diharapkan atas kerjasama tersebut akan mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik di bumi pertiwi.

Penandatanganan kerjasama tersebut ditaksir memiliki nilai investasi sebesar USD 5 miliar. Kesepakatan jalinan kerjasama antara Republik Rakyat Tiongkok dan Indonesia tersebut terjadi pada gelaran B20 Investment Forum yang di gelar pada 13-14 November yang dilangsungkan di Nusa Dua, Bali.

Amerika Serikat

Tak mau kalah, Negeri Paman Sam Amerika Serikat juga menjalin kerjasama investasi antara ExxonMobil dan Pertamina dengan nilai investasi sebesar senilai USD2,5 miliar.

Adapun kerjasama yang akan berlangsung antara ExxonMobil dan Pertamina akan meliputi sektor industri utama guna melakukan dekarbonisasi yang meliputi sektor lain seperti semen, baja, penyulingan, dan bahan kimia.

Baca juga :  Jadwal MotoGP Jepang 2022 Berebut Podium Minggu Siang

Tidak hanya itu, Amerika sepakat untuk meluncurkan program Millennium Challenge Corporation (MCC) dengan nilai USD698 juta guna membangun insfrastruktur transportasi sadar iklim meliputi lima privinsi di Indonesia. ***

You may also like

Leave a Comment