KIP Jateng
Home » Tim KIP Jateng Sambangi Wonosobo Pantau Keterbukaan Informasi

Tim KIP Jateng Sambangi Wonosobo Pantau Keterbukaan Informasi

by Tri Laksono Adi Prabowo

Wonosobo, satumenitnews.com – Tim visitasi KIP Jateng sambangi Wonosobo pantau keterbukaan informasi pada Selasa (16/11/2022) bertempat di Pendopo Selatan.

Ketua Komisi Informasi (KIP) Jateng, Sosiawan berujar bahwa keterbukaan informasi merupakan alat ukur yang vital guna menwujudkan good government di Kabupaten Wonosobo.

Era yang serba digital ini semua perangkat daerah wajib untuk dapat membangun komunikasi yang terbuka dengan masyarakat guna mewujudkan prestasi dan komunikasi kinerja.

“Pada era sekarang ini, prestasi dan komunikasi kerja harus dibangun dengan baik oleh Perangkat Daerah atau badan publik, untuk dikomunikasikan dengan baik pula kepada masyarakat,” ujar Sosiawan.

Adapun agenda visitasi yang dilakukan KIP Jawa Tengah yakni untuk melakukan pembinaan dan evaluasi guna pengoptimalan implementasi keterbukaan informasi publik oleh semua badan publik pemerintah.

Baca juga :  PTM Akan Segera Digelar, Puskesmas Jati Gelar Monitoring Pengawasan Prokes

“Badan publik harus mempertanggungjawabkan kinerja dan akses publiknya, baik diminta maupun tidak, karena pemerintah mengemban amanah dari rakyat yang langsung bersentuhan dengan kepentingan masyarakat,” tegas Sosiawan.

Sosiawan menambahkan bahwa badan publik dalam mengelola program kerja terutama pada ranah administratif dan komitmen penyelenggaran pemerintah harus transparan.

Berdasarkan cita-cita tersebut, ia beserta jajarannya terus mendorong Pemkab Wonosobo agar dapat lolos pada tahapan tersebut.

“Aspek mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pelaporan, hingga pertanggungjawaban harus dilakukan dengan terbuka, keterbukaan Informasi Publik juga tidak boleh melanggar tiga hal penting yaitu, subtansi harus benar, akurat, dan tidak menyesatkan publik, saya berharap, tahun ini Pemkab Wonosobo mampu mencapai predikat sebagai Kabupaten yang informatif,” harapnya.

Baca juga :  Jadwal Waktu Imsak Wonosobo dan Sekitarnya

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kabupaten Wonosobo Fahmi Hidayat berharap Wonosobo dapat memperoleh predikat sebagai kabupaten informatif dengan kualitas keterbukaan informasi yang optimal.

“Kami berharap, tahun ini Kabupaten Wonosobo dapat memperoleh predikat sebagai Kabupaten Informatif, ke depan akan meningkatkan kualitas dan Keterbukaan Informasi Publik melalui optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi dan melakukan beberapa inovasi,” ujarnya.

Senada dengan Kepala Diskominfo, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Wonosobo, Supriyadi berujar pihaknya akan membantu untuk segera terwujudnya transparansi dan akuntabilitas penyelengaran pemerintahan.

“Saya mewakili Pemkab Wonosobo berusaha mewujudkan transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, utamanya pelayanan publik, saya harap predikat terbuka dan informatif dapat tercapai tahun ini” ucap Supriyadi.***

Baca juga :  Wujudkan Masyarakat Sehat, 600 Orang Ikuti Senam Massal KORMI

You may also like

Leave a Comment