Home » Butuh Kambing atau Sapi Bisa Hubungi Babinsa Kalikajar

Butuh Kambing atau Sapi Bisa Hubungi Babinsa Kalikajar

Ternak Kambing

by Wonosobo1menit

Wonosobo, satumenitnews.com – Menjelang Hari Raya Idul Adha banyak masyakat yang membutuhkan ternak kambing maupun sapi, terutama bagi masyarakat muslim yang sudah mampu untuk melakukan kurban.

Peluang kebutuhan kurban ini dibaca sebagai peluang oleh Sertu Sugito, Babinsa Koramil Kalikajar Wonosobo.

Sugito mulai merintis usaha ternak sapi dan kambing untuk penggemukan sejak tqhun 2010.

Dia merasa mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan usahanya tersebut.

Selain keuntungan finansial tujuannya membangun komunikasi antara Babinsa dengan masyarakat bisa ia capai dengan kegiatan tersebut.

Hal lain juga ia dapat untuk masayarakat seperti memberikan inspirasi bagi orang yang lain untuk bisa berinovasi mencari usaha sampingan.

“Usaha ini juga dapat membantu tetangga yang tidak mempunyai pekerjaan, membantu pemerintah dalam upaya swasembada pangan dan masih banyak lagi,” katanya.

Baca juga :  Pemdes Sumberdalem Programkan Pemberdayaan Masyarakat Korban Pandemi Covid-19

Menurutnya ia mulai usaha kambing dan sapi dari beberapa ekor saja,  saat ini jumlah ternaknya sudah mencapai puluhan ekor.

“Awal mula dari beberapa teman yang ingin mencari hewan kurban. Lalu dari pemikiran saat menjelang hari Raya Idul Adha kebutuhan sapi dan kambing meningkat saya¬† memulai usaha. Alhamdulillah ada lahan yang bisa digunakan dan mencoba beberapa ekor sapi dan kambing hingga berjalan sesuai harapan hingga saat ini,” bebernya.

Dengan usaha ini Sugito mengajak masyarakat binaanya memanfaatkan lahan kosong atau kurang produktif untuk ikut berternak.

“Kita tidak usah malu atau gengsi. Menjadi peternak bukanlah pekerjaan yang hina. Kambing dan sapi kita jual, kotorannya pun saat ini juga dicari para petani untuk dijadikan pupuk. Sehingga tidak ada yang terbuang,” tegasnya.

Baca juga :  Cegah Penyebaran Varian Omicron, Binda Jateng Imbau Masyarakat Kurangi Mobilitas

Untuk kebutuhan pembelian ternak, masyarakat yang membutuhkan bisa langsung datang di tempat tinggalnya yang berada di Dusun Larangan RT 01 RW. 11 Desa. Maduretno Kalikajar Wonosobo.

Bisa juga menghubungi lewat no telpun atau WhatsApp di nomor 081338213074.

You may also like

Leave a Comment