Home » Babinsa Ingatkan Linmas Akan Tugas Pokoknya

Babinsa Ingatkan Linmas Akan Tugas Pokoknya

PENDIM 0707/WONOSOBO

by Kodim 0707 Wonosobo
Listen to this article

Wonosobo, SatumenitNews – Kopka Sulistiyono Babinsa Koramil 01/Wonosobo menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Balai Desa Pancurwening, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. (28/12/2023)

Kegiatan Bimtek ini dihadiri oleh Kepala Desa Pancurwening, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan seluruh anggota Satlinmas Desa Pancurwening. Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas anggota Satlinmas dalam bidang penanggulangan bencana, pemeliharaan keamanan dan ketertiban, serta mendukung Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

Dalam sambutannya Kepala Desa Pancurwening menyampaikan bahwa Satlinmas merupakan mitra pemerintah desa dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Oleh karena itu, peningkatan kapasitas anggota Satlinmas sangat penting untuk dilakukan.

Baca juga :  Pengadilan Wonosobo Jatuhi Vonis 1 Tahun Penjara kepada Salah Satu Anggota Komisioner KPUD Wonosobo

Bimtek ini berlangsung selama dua jam dan berjalan dengan lancar. Anggota Satlinmas Desa Pancurwening sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka berharap dapat meningkatkan kapasitasnya sehingga dapat lebih berperan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Berikut adalah beberapa poin penting yang disampaikan dalam Bimtek tersebut:

  • Tugas dan fungsi Satlinmas

Satlinmas merupakan salah satu unsur pengamanan masyarakat yang dibentuk oleh pemerintah desa. Tugas dan fungsi Satlinmas adalah membantu pemerintah desa dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, penanggulangan bencana, dan kegiatan sosial kemasyarakatan.

  • Penanganan bencana

Satlinmas memiliki peran penting dalam penanggulangan bencana. Mereka dapat membantu pemerintah dan masyarakat dalam melakukan evakuasi, pencarian dan pertolongan, serta pemulihan pascabencana.

  • Pengamanan pemilu dan pilkada
Baca juga :  Vaksinasi Anak 6 hingga 11 Tahun di Wonosobo Sudah Capai 74 Persen Lebih

Satlinmas juga memiliki peran penting dalam pengamanan pemilu dan pilkada. Mereka dapat membantu pemerintah dan penyelenggara pemilu dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan pemilu dan pilkada.

Kegiatan Bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas anggota Satlinmas Desa Pancurwening sehingga dapat lebih berperan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

You may also like

Leave a Comment

error: Content is protected !!