Home » Peringati HUT, PDGI Wonosobo Kampanyekan Kesehatan Mulut Dan Gigi

Peringati HUT, PDGI Wonosobo Kampanyekan Kesehatan Mulut Dan Gigi

by Wonosobo1menit

Wonosobo, satumenitnews.com – Peringati Hari Ulang Tahun Ke-72, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kabupaten Wonosobo melaksanakan serangkaian kegiatan, salah satunya adalah melalui Talk Show yang bertempat di Aula RS. PKU. Muhammadiyah, Kamis (17/02).

Ketua PDGI Kabupaten Wonosobo, drg. Anik Khoiriyah, Sp. BMM menyampaikan bahwa kegiatan dilaksanakan secara on-line maupun off-line.

Tujuan kegiatan adalah memberikan edukasi serta informasi kepada masyarakat akan pentingnya perawatan mulut dan gigi bagi kesehatan.

Talk Show yang mengangkat Tema Cerdas Dalam Memilih Perawatan Gigi dan Mulut, didasarkan pada pengalaman sehari-hari Dokter Gigi dilapangan.

Menurutnya masih banyak ditemukan kasus-kasus permasalahan kesehatan mulut dan gigi, terutama pasien yang mengalami komplikasi.

“Oleh karena itu PDGI Kabupaten Wonosobo mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mengakses perawatan mulut dan gigi di pusat kesehatan formal, baik rumah sakit maupun pusat kesehatan masyarakat, karena saat ini tenaga ahli dan Dokter Gigi yang memiliki keahlian mulut dan gigi sudah tersebar di seluruh pusat kesehatan dan mencakup di semua kecamatan, dimana jumlah anggota PDGI saat ini mencapai 40 orang,” ungkap drg. Anik.

Peringati HUT, PDGI Wonosobo Kampanyekan Kesehatan Mulut Dan Gigi

“PDGI Kabupaten Wonosobo mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mengakses perawatan mulut dan gigi di pusat kesehatan formal, baik rumah sakit maupun pusat kesehatan masyarakat,” kata drg Anik

Banyak Permasalahan Kesehatan di Wonosobo yang Harus Diselesaikan

dr. M Riyatno, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo yang juga hadir dalam pembukaan talk show juga menyampaikan bahwa masih banyak permasalahan kesehatan yang dihadapi oleh masyarakat.

Baca juga :  Pasang Seng Galfalum, Pekerja Tersetrum Aliran Listrik Tegangan Tinggi

Dengan adanya permasalahan tersebut perlu adanya peran serta seluruh tenaga kesehatan, termasuk di dalamnya peran PDGI untuk mengkampanyekan pentingnya kesehatan mulut dan gigi.

“Masih banyak permasalahan kesehatan yang dihadapi oleh masyarakat, untuk itu perlu adanya peran serta seluruh tenaga kesehatan, termasuk didalamnya peran PDGI untuk mensosialisasikan pentingnya kesehatan mulut dan gigi, termasuk didalamnya mengkampanyekan pentingnya Protokol Kesehatan untuk mencegah perluasan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Wonosobo, yang trend-nya mengalami kenaikan mencapai 577,” ungkap dr. Riyatno.

Sementara Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, S.Ag, yang hadir dalam acara juga menyampaikan ucapan Selamat Hari Ulang Tahun Ke-72 PDGI Wonosobo.

“Semoga dengan bertambahnya usia PDGI akan semakin semangat untuk mengambil peran-peran penting dan strategis dalam menyelesaikan permaslahan-permasalahan kesehatan di Kabupaten Wonosobo. Terutama terkait permasalahan kesehatan mulut dan gigi,” kata Afif.

Baca juga :  Kabinda Jateng : 19.000 Dosis Vaksin Diharapkan Terserap di 13 Kabupaten/Kota Hari Ini

Dimulai dengan masalah yang terlihat sepele, Afif meminta para ahli mengkaji serta mencari solusi terkait permasalahan terkecil dari kesehatan mulut dan gigi.

Disebut Afif seperti bau mulut, masalah tersebut kadangkala sering menganggu saat penyampaian orientasi atau hasil dari pemikiran yang baik.

“Melalui Talk Show ini  saya harapi mampu mendukung terwujudnya salah satu sasaran pada misi ketiga RPJMD Kabupaten Wonosobo 2021-2026, yakni meningkatnya derajat kesehatan masyarakat. Mudah-mudahan tujuan  mencerdaskan masyarakat Wonosobo dalam memilih pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang tepat serta aman dapat tercapai seiring lebih banyak masyarakat yang teredukasi,” harap Afif.  (E1)

You may also like

Leave a Comment