Kenali Jenis dan Manfaat E-Money
Home » Kenali Jenis dan Manfaat E-Money di Indonesia

Kenali Jenis dan Manfaat E-Money di Indonesia

by Tri Laksono Adi Prabowo

Satumenitnews.com – Kenali jenis dan manfaat e-money perlu sekali untuk diketahui bagi calon pengguna baru uang elektronik.

Selain lebih paham, para pengguna diharapkan dapat memilih jenis uang elektronik sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

E-money sendiri merupakan kependekan dari Elektronik Money yakni di mana uang yang disimpan dalam sistem perbankan yang kemudian dapat melakukan transaksi secara elektronik melalui kartu yang sudah dibekali dengan chip pencatat segala aktifitas transaksi.

lalu apa saja jenis dan manfaat e-money yang ada di Indonesia? simak ulasan berikut.

E-money Lembaga Perbankan

Bank BRI

Bank andalan masyarakat Indonesia yakni BRI memiliki produk e-money yang dinamai dengan Brizzi. Brizzi sendiri sudah banyak dikenal masyarakat luas kendati tidak semua segmen masyarakat menggunakan produk tersebut.

Brizzi sendiri dapat digunakan untuk pembayaran tol, parkir dan TPE, pembayaran beberapa transportasi umum seperti KRL, bus Trans hingga pembayaran SPBU.

Baca juga :  Penting di Era Digitalisasi, Apa Keunggulan dan Kekurangan E-money?

Bank BCA

Bank Central Asia alisa BCA juga mempunyai produk e-money yang dinamai dengan BCA Flazz Card.

Sebaga salah satu pemain unggulan e-money, pada tahun 2014 BCA berhasil menelurkan sebanyak 6,4 juta keping kartu e-money kepada para pengguna setianya.

Dengan keunggulan tersebut, para pengguna uang elektronik BCA dapat melakukan transaksi menggunaan BCA Flazz Card di puluhan ribu gerai yang sudah bekerja sama dengan BCA di seantero negeri.

Bank BNI

Bank BNI juga menelurkan produk e-money yang bernama BNI TapCash. kartu uang elektronik tersebut dapat melakukan pembayaran di beberapa mini market kenamaan seperti Indomaret, dan Alfamart.

Soal urusan perjalananpun bisa digunakan untuk membeli tiket Trans Jakarta, KRL, parkir dan masih banyak lagi lainnya.

Bank BNI memiliki produk e-Money yang diberi nama BNI TapCash. Bentuk BNI TapCash hampir sama dengan BCA Flazz Card.

Baca juga :  Jamur Pengganti Bahan Kulit untuk Fashion, Ini Penjelasannya

Bank Mandiri

Bank Mandiri bisa dibilang sebagai pemain kuat produk kartu elektronik di Indonesia bagaimana tidak Bank Mandiri sendiri tercatat memiliki beberapa produk e-money yakni seperti E-Cash, E-Toll, GazCard hingga Mandiri Indomaret Card.

Dengan beragam produk tersebut, sudang tentu masing-masing kartu tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing sesuai peruntukkanya.

E-Money Operator Seluler

XL

Operator Seluler XL juga turut meramaikan produk e-money melalui produknya yakni XL-Tunaiku. Layanan tersebut dapat diakses melalui 123120# dari telephone genggam bernomor XL.

XL-Tunaiku dapat digunakan untuk membayar berbagai tagihan, belanja online/offline, serta mengirim/menerima/mencairkan uang ke sesama pengguna XL.

Telkomsel

Salah satu provider seluler terkemuka di Indonesia yakni Telkomsel juga memiliki produk uang elektronik yang dikenal dengan julukan T-Cash Tap.

Dalam T-Cash Tap juga telah disematkan teknologi termutakhir yaitu NFC alias Near Field Communication.

Baca juga :  Cek Sinyal TV Digital Online, Begini Caranya

Bagi penguna T-Cash Tap dengan fitur NFC di ponsel genggamnya dapat langsung tap dan sukses lakukan transakasi elektronik.

Namun bagi pengguna yang memiliki ponsel genggam belum terdapat fitur NFC tak perlu khawatir, Telkomsel bakal menyematkan stiket NFC di ponsel pengguna untuk mendukung proses transaksi baik untuk berbelanja di minimarket, transportasi dan lain-lain.

Indosat Ooredoo

Operato seluler yang terkenal dengan warna kuningnya yakni Indosat Ooredoo memiliki Dompetku sebagai produk e-money unggulannya.

Dompetku dapat diakses dengan menekan *789# kemudian tekan tombol ‘call’. Dompetku bisa digunakan untuk setor dan tarik tunai, pembelian, pembayaran, hingga transfer.

Dompetku sendiri dapat untuk melakukan transaksi melalui beberapa mini market seperti Indomaret dan Alfamart hingga e-commerce seperti Elevenia dan beberapa Asuransi. ***

Foto : Pixabay.com/AhmadArdity

You may also like

Leave a Comment