Apa Keunggulan dan Kekurangan E-money
Home » Penting di Era Digitalisasi, Apa Keunggulan dan Kekurangan E-money?

Penting di Era Digitalisasi, Apa Keunggulan dan Kekurangan E-money?

by Tri Laksono Adi Prabowo

Satumenitnews.com – Salah satu kemajuan dalam dunia finansial yakni adanya e-money yang dapat membantu transaksi lebih efektif, efisien dan pastinya anti ribet.

Beberapa tahun belakangan ini, pengguna e-money di Indonesia mengalami peningkatan yang lumayan signifikan.

Hal tersebut tidaklah terlalu mengherankan, sebab infrastruktur dan lingkungan pendukung penggunaan uang elektronik sudah mulai tertanam subur.

Namun, apa keunggulan dan kekurangan e-money? daripada sibuk berasumsi, lebih baik simak fakta di bawah berikut.

Keunggulan E-money

1. Ringkas

Dahulu, jika ingin berpergian atau berbelanja, kita harus membawa uang cash sesuai nominal yang bakal dibelanjakan.
Jika uang cash dalam jumlah sedikit sejujurnya tak masalah, namun menjadi masalah jika kita membawa uang cash dalam jumlah yang banyak
Namun, berkat adanya e-money kita cukup membawa kartu yang berisi saldo dalam jumah yang relatif representatif, cukup selipkan pada kantong dompet dan kini sudah tak perlu repot membawa gepokan uang cash.

Baca juga :  Xiaomi 12T Segera Rilis di Oktober, Kameranya Cadas Banget!

2. Mudah Melakukan Transaksi

Percaya atau tidak dengan menggunakan uang elektronik semua dapat dilakukan dalam hitungan detik saja.
Bayangkan jika antri di kasir minimarket, kini anda tak perlu menyiapkan uang cash dan menghitungnya dahulu, tinggal tap dan selamat transaksi anda telah sukses dilakukan.

3. Mencegah Uang Palsu

Satu yang paling penting, karena uang elektronik dikeluarkan oleh lembaga keuangan resmi di mana terdapat saldo yang telah divalidasi, maka kini tak perlu khawatir mendapat uang palsu lagi.

4. Mencegah Tindak Kejahatan

Kejahatan terjadi karena adanya peluang, dengan uang elektronik kini siapa sangka anda bisa membawa uang dalam jumlah banyak tanpa di curigai para otak-otak kriminal di luar sana.

Baca juga :  Beginilah Cara Daftar QR Code PeduliLindungi, Agar Usahamu Bisa Tetap Berjalan di PPKM Level 3

5. Mudah Top Up

Takut kehabisan saldo? tenang, uang elektronik dapat dilakuka pengisian uang alias top up dengan mudah aman dan kapanpun pengguna mau.

Kekurangan E-money

1. Saldo Tidak Bisa Banyak

Saldo yang terkandung dalam uang elektronik tak dapat di isi dalam jumlah banyak, mengingat penggunaan uang elektronik tanpa PIN dan Verifikasi sehingga dinilai terlalu riskan apabila terkandung saldo yang banyak.

2. Hanya Dapat Digunakan Pada Mesin Tertentu

Kendati transaksi dilakukan secara elektronik, tapi tanpa adanya mesin spesifik pengguna e-money tak dapat melakukan transaksi. Semisal anda ingin bertransaksi melalui e-commerce, hal tersebut tidak bisa dikarenakan tidak adanya mesin untuk memproses transaksi tersebut.

Baca juga :  Kenali Jenis dan Manfaat E-Money di Indonesia

3. Saldo Tidak Bisa di Tarik Tunai

E-money merupakan penyimpanan uang pada sistem perbankan melalui chip yang tersemat pada kartu, sehingga saldo tak dapat dipindah tangankan ataupun ditarik tunai, saldo hanya bisa dibelanjakan secara elektronik melalui mesin spesifik seperti yang sudah disebut di atas. ***

Foto : Pixabay.com/jarmoluk

You may also like

Leave a Comment