Home » Jalan Tertutup Longsor, Koramil 02/Watumalang Beraksi

Jalan Tertutup Longsor, Koramil 02/Watumalang Beraksi

PENDIM 0707/WONOSOBO

by Kodim 0707 Wonosobo
Listen to this article

Wonosobo, SatumenitNews – Koramil 02/Watumalang Kodim 0707/Wonosobo bersama masyarakat Dusun Rejosari, Desa Banyukembar melaksanakan karya bakti menyingkirkan material yang menutup jalan. (6/2/2024)

Muslihatun Kades Banyukembar melaporkan bahwa hujan deras  dengan intensitas tinggi dan lama mengakibatkan senderan rumah Wiwit Dusun Rejosari dan kebun di bawahnya milik Choirul setinggi  15 meter panjang 25 meter mengalami longsor menutupi jalan dan menimpa rumah kosong milik Karjono, kondisi ringsek (rusak berat).

“Dalam beberapa hari ini khususnya di Desa Banyukembar terjadi hujan dengan intensitas yang cukup lama. Sehingga pada hari Senin pukul 20.55 tebing setinggi 15 meter lebar 25 meter longsor menutup jalan mengakibatkan jalan Sunten – Gumuruh Desa Banyukembar tidak bisa dilewati tertutup tanah longsor. Longsor tersebut juga mengakibatkan tanah yang berada dibawah jalan ikut longsor menimpa rumah” kata Muslihatun.

Baca juga :  Dandim 0707/Wonosobo dan Ketua Persit cabang XXVII Tinjau Hasil TMMD Reguler ke-120 di Desa Timbang

Kerugian saat ini adalah 1 rumah kondisi menggantung, sehingga membahayakan bagi penghuninya dan 1 rumah rusak berat tertimpa tanah longsor serta akses jalan tertutup.

“Melihat begitu banyak material longsor dan keadaan cuaca yang kurang mendukung, jika hanya mengandalkan alat manual ditakutkan tidak selesai dalam 1 hari. Saat ini   sedang berupa mencari alat berat dengan harapan jalan bisa cepat dilalui dan bisa memberikan pertolongan kepada rumah yang mengalami kerusakan” ujar Kades.

Danramil 02/Watumalang Kapten Chb Sapta Wibawa menyampaikan saat ini kama kerahkan semua personil yang ada untuk membantu menyingkirkan material longsor dengan harapan jalan cepat bisa dilalui.

“Kepada semua yang terlibat dalam karya bakti tanah longsor ini perhatikan faktor keamanan karena material cukup banyak, bisa terjadi longsor susulan serta cuaca sudah mulai mendung. Dan juga kepada masyarakat khususnya Watumalang agar perhatikan keadaan sekitar, sebab wilayahnya memiliki tingkat kemiringan yang cukup tinggi sehingga berpotensi terjadi longsor,” pungkas Danramil.

Baca juga :  Warga Kepil Ditemukan Meninggal di Kawasan Hutan

You may also like

Leave a Comment

error: Content is protected !!