Home » Forkopimda Wonosobo Buka Festival Creative Preneur 2023

Forkopimda Wonosobo Buka Festival Creative Preneur 2023

PENDIM 0707/WONOSOBO

by Kodim 0707 Wonosobo
Listen to this article

Forkopimda Wonosobo secara resmi membuka kegiatan Festival Creative Preneur 2023 bertempat di Gedung Adipura Kencana. Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 14 – 16 Juli 2023 sebagai salah satu rangkaian memperingati hari jadi Kota Wonosobo ke 198. Acara secara resmi dibuka oleh Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat. (14/7/2023)

Bupati Wonosobo dalam pembukaannya menyampaikan, dewasa ini ekonomi kreatif menjadi sebuah sektor potensial yang tengah dikembangkan, dan diarahkan untuk menciptakan transformasi pasar yang lebih mengarah pada keberlanjutan dan inklusivitas, sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan konservasi ekosistem.

“Wonosobo memiliki banyak potensi unggulan yang bisa dijual ke pasaran baik lokal maupun nasional bahkan bisa internasional. Salah satu unggulan tersebut adalah Carica. Agar produk tersebut terus berkembang dan mengikuti pasar maka para pelaku ekonomi kreatif hendaknya mampu menggali lebih dalam kearifan lokal yang ada di kabupaten kita, untuk diolah secara inovatif dalam produk-produk ekonomi kreatif, sehingga semakin banyak kekhasan Wonosobo yang dikenal oleh dunia. Dengan demikian, pengembangan ekonomi kreatif diharapkan dapat berdampak kepada perekonomian daerah, yang diikuti pengentasan berbagai permasalahan seperti kemiskinan, pengangguran, dan sebagainya.” kata Bupati.

Baca juga :  Puluhan Wajah Baru Dominasi Pengurus Partai Demokrat Wonosobo

Untuk itu, dalam rangka menguatkan perekonomian daerah melalui sektor ini, maka diperlukan sinergitas dan kemitraan yang selaras oleh pemerintah serta pihak-pihak lainnya, sehingga sektor ekonomi kreatif mampu menguatkan pondasinya sebagai salah satu tulang punggung perekonomian daerah. Dalam hal ini, diperlukan sinergi antar Perangkat Daerah, khususnya dalam memastikan ketersediaan bahan baku, peningkatan sumber daya manusia pengolah, peningkatan inovasi, kualitas produk dan nilai ekonomi produk, kemitraan permodalan dan peluang pasar. Selain itu, kemitraan yang sinergis juga harus dibangun antar elemen, yang melibatkan pemerintah, akademisi, pengusaha, media, perbankan, dan masyarakat, sehingga diharapkan mampu mendorong kemajuan ekonomi kreatif mulai dari penguatan modal hingga studi pengembangan keberlanjutannya;

Baca juga :  Peduli Sosial, FGSNI Banjarnegara Kunjungi Anggota yang Sakit

Dandim Wonosobo Letkol Inf Helmy yang hadir dalam acara tersebut menambahkan, Wonosobo merupakan salah satu daerah tujuan wisata.  Kita sebagai warganya diharapkan jangan hanya jadi penonton dan menerima kemacetan lalu lintas saja.  Akan tetapi harus bisa ikut andil mendukung pariwisata sehingga kita akan memperoleh keuntungan dari wisata tersebut.

“Melalui Festival Creative Preneur ini kita akan tahu masih banyak peluang usaha yang bisa dikerjakan untuk menambah penghasilan rumah tangga. Tentu saja dituntut untuk berkreasi membuat produk baru atau ikut menjualnya” kata Dandim.

You may also like

Leave a Comment