Home » AMK Dukung Inovasi TMB di Kabupaten Natuna

AMK Dukung Inovasi TMB di Kabupaten Natuna

by Wonosobo1menit

Natuna – Ketua PN AMK Bidang Kemaratiman, Harken mengunjungi dan bersilahturahmi ke Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang ada di Pesisir Kabupaten Natuna. Kegiatan tersebut dalam rangka menyambut milad ke-23 AMK yang diperingati setiap tanggal 30 Nopember.

“TBM merupakan salah satu tempat masyarakat memperoleh informasi melalui buku bacaan dan ini sangat membantu meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat,” ujar Harken dalam kunjungannya di TBM Taman Ilmu yang berada di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Bunguran Barat dan TBM Madah Seloka di Desa Pulau Tiga, Kecamatan Pulau Tiga Barat.

Menurut Haken TBM ini merupakan terobosan yang patut diapresiasi dan diberi dukungan. Dengan begitu wawasan masyarakat terhadap pentingnya literasi dapat dirasakan dan berdampak luas baik itu untuk pelesatarian lingkungan, budaya ataupun peningkatan ekonomi. Dalam kesempatan tersebut Haken juga  menyerahkan bantuan buku bacaan untuk menambah koleksi dan bahan bacaan masyarakat.

Baca juga :  Paguyuban Agen LPG Katraco Group Wonosobo Fasilitasi Air Bersih Ponpes Assalam

“Kita mengapresiasi terobosan dan inovasi yang dilakukan TBM Taman Ilmu dan TBM Madah Seloka. TBM bukan hanya untuk tempat membaca namun ada kreatifitas, peluang usaha dan pelestarian budaya yang dilakukan di TBM tersebut,” kata Haken lagi.

TBM Bawa Terobosan Berbasis Lingkungan

Dijelaskan Inovasi yang dilakukan TBM Taman Ilmu adalah membuat sedotan dari bahan baku bambu. Hal ini diharap dapat mengurangi pemakaian bahan baku plastik. Selain itu mereka juga membuat sirup dari bahan baku buah mangrove yang banyak terdapat di desa tersebut. Begitu juga di TBM Madah Seloka terus melakukan kegiatan pelestarian budaya bagi generasi muda.

“Ada pesan penting yang dapat diambil dari apa yang sudah dilakukan. Pelestarian alam dan budaya begitu penting sehinga harus terus terjaga demi kelangsungan mahluk hidup dan menjaga budaya bangsa. Sehingga tetap hidup dan tumbuh di tengah era moderenisasi ini. AMK mendukung kegiatan yang dilakukan dan berharap ini bisa terlaksana secara berkesinambungan,” harap Harken.

Baca juga :  Muscab Kwarcab Wonosobo 2021

Disampaikan Harken AMK akan melaksanakan kegiatan literasi budaya dan kemah literasi yang akan dilaksanakan pada bulan Desember 2021 dan Maret 2022. “Dalam kesempatan itu kita juga akan kembali memberi dukungan kepada dua TBM tersebut,” pungkas Harken. (manjie/e1)

You may also like

Leave a Comment