Wisata
Home » Wonosobo Angkat Potensi Koi, Destinasi Wisata Telaga Menjer Jadi Rujukan Koi Show

Wonosobo Angkat Potensi Koi, Destinasi Wisata Telaga Menjer Jadi Rujukan Koi Show

by Manjie

Wonosobo, satumenitnews.com – Geliat wisata di Wonosobo mulai terlihat seiring meredanya pandemi yang sempt meluluh lantakkan dunia pariwisata 2 tahun terakhir.

Telaga Menjer Koi Show menjadi pilihan event yang di gelar oleh komunitai Dulur koi Indonesia bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo mulai tanggal 4 hingga 6 Maret 2022.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo Agus Wibowo, mengatakan alasan digelarnya event tersebut di Obyek Wisata Telaga Menjer, Desa Maron, Kecamatan Garung.

Agus mengatakan Koi Show diadakan di obyek wisata Telaga Menjer untuk semakin menarik wisatawan berkunjung di destinasi kebanggan Wonosobo tersebut.

“Selain mendatangkan wisatawan, kita juga promosikan obyek tersebut agar semakin banya orang tahu keindahan Telaga Menjer yang menjadi kebanggana kita bersama,” kata Agus.

Baca juga :  Farmtrip Pawira in Wonosobo, Ratusan Peserta Siap Promosikan Wisata Wonosobo

Meskipun sudah mulai di gelar event untuk umum, Agus menekankan bahwa kegiatan akan menekankan protokol kesehatan ketat.

“Di lokasi destinasi sudah kami sediakan kode QR untuk aplikasi pedulilindungi, jadi silahkan nanti yang akan melihat event Koi Show dan berkunjung ke destinasi Telaga Menjer untuk scan kode Aplikasi tersebut,” terangnya.

Agus juga mengharap agar pengunjung tidak terbebani dengan adanya penerapan protokol kesehatan dan penggunaan Aplikasi pedulilindungi, karena ini untuk kepentingan berlangsungnya event lain kedepannya.

“Apliksi jelas hanya untuk mempermudah pantauan saja, sedangkan protokol kesehatan agar tidak terjadi peningkatan penularan aCovid-19 lagi. Jadi even ini bisa berjalan dengan lancar disusul event-event lain yang sudah kita jadwalkan,” katanya lagi.

Sementara Humas Panitia Koi, Fathur mengungkapkan, rterkait kegiatan sudah beberapa kali dilakukan di Wonosobo dan mendatangkan peserta dari provinsi dan kabupaten lain dengan jumlah peserta yang cukup banyak.

Baca juga :  Ke Kudus, Rugi Besar Tidak Mampir ke Museum Jenang Kudus

Namun selama ini dilakukan di tempat tertutup seperti gedung atau aula.

“Baru kali ini dilakukan di sebuah tempat terbuka dan di obyek wisata,” ungkapnya.

Sejak diinisiasi untuk melakasanakan kegiatan dikawasan wisata Telaga Menjer, panitia sudah berkoordinasi dengan banyak pihak difasilitasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Wonosobo.

Pihak-pihak yang digandeng antara lain Pemerintah Desa Maron, Pokdarwis, Karang Taruna dan berbagai elemen masyarakat Desa Maron.

Mrenurutnya koordinasi tersebut dilakukan agar event bisa berjalan dengan lancar, menarik dan aman.

“Sampai tanggal 4 Maret, sudah ada 1000 ikan yang terdaftar atas nama peserta dari berbagai daerah lintas provinsi dan kabupaten. Ini adalah event nasional dengan juri nasional,” bebernya.

Baca juga :  Kemah Asyik Keluarga di Camping Ground Pinus Bukit Sepuser Colo

Dari keterangan Fathur tanggal 5 Maret 2022 sudah mulai penjurian danpengumuman pemenanggya akan dilakukan pada hari Minggu (6/3/22).

“Nanti ada 14 kategori yang dilombakan da hadiahnya cukup menggiurkan,” kata Fathur tanpa menyebut nominalnya.

Dalam video pendek tentang event Koi Show yang di unggah akun instagram @disparbudwonosobo 7 hari lalu, Bupati Wonosobo menyatakan dukungannya dan mengapresiasi adanya event ini.

Dirinya berharap dengan adanya event semacam dapat semakin meningkatkan kunjungan wisatawan ke Wonosobo, khususnya  di Telaga Menjer dan sekitarnya sehingga perekonomian masyarakat di sekitarnya akan hidup kembali.

Dia berpesan event harus tetap mentaati Protokol kesehatan secara tertib dan aman. (E1)

You may also like

Leave a Comment