Home » Tips Puasa Buat Yang Punya Asam Lambung Lebih Ala dr Hemo

Tips Puasa Buat Yang Punya Asam Lambung Lebih Ala dr Hemo

by Wonosobo1menit

satumenitnews.com – Penyakit Maag merupakan istilah umum untuk menggambarkan gangguan pada lambung. Dalam istilah medis, maag juga disebut gastritis. Gastritis merupakan penyakit pada lambung, penyakit ini terjadi akibat peradangan dinding lambung.

Sederhananya, penjelasan penyakit maag atau gastritis adalah peradangan pada dinding lambung atau lapisan mukosa lambung  akibat menipis atau hilangnya lapisan lendir (mukus) tebal pada dinding lambung. Saat mukus atau lapisan lendir tebal yang melindungi dinding lambung hilang cairan asam lambung bisa menyebabkan peradangan bahkan menyebabkan pendarahan pada lambung.

Akibat peradangan lambung timbul rasa tidak nyaman pada perut bagian atas atau sekitar ulu hati yang sifatnya berulang dan kronik adalah gejala awalnya yang dikenal dalam istilah dipepsia. Dan penderita maag hampir 25%-nya mengalami dispepsia.

Kondisi penderita dengan penyakit maag tidak mengancam nyawa. Namun bila berlangsung terus-menerus dapat memengaruhi kualitas hidup penderita, dan memberikan beban ekonomi yang besar. Salah satu cara untuk mengurangi gejala atau kambuhnya penyakit ini adalah dengan cara makan secara teratur. Lalu bagaimana mengatasi penyakit ini saat melakukan ibadah puasa?

Berikut adalah 10 Tips Puasa Bagi Penderita Maag

1. Jangan Makan Terlalu Banyak Saat Sahur

Sahur bagi penderita maag atau gastritis adalah kewajiban. Selain untuk menyiapkan energi selama berpuasa, makan sahur juga dapat mencegah kosongnya lambung. Namun, bukan berarti harus makan sebanyak-banyaknya saat sahur, apalagi makanan yang tinggi lemak.

Mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak dan tinggi lemak justru bikin perut kembung dan begah, bahkan diare pada sebagian orang. Ini juga dapat meningkatkan risiko naiknya asam lambung dari lambung ke kerongkongan atau refluks.

Baca juga :  Apa Itu Hari Konsumen Nasional

Ada baiknya, tidak langsung tidur setelah santap sahur karena dapat meningkatkan sekresi asam lambung yang justru membuat proses pencernaan berjalan lebih lambat dan menimbulkan rasa lapar saat bangun tidur.

Bijaknya pilih makanan yang mengandung banyak serat agar Anda tidak cepat lapar.

2. Hindari Makanan Berporsi Besar Saat Buka Puasa

Jangan langsung menyantap makanan berporsi besar saat buka puasa. Lebih baik, minum air hangat atau teh manis hangat terlebih dulu. Cara ini dapat membantu kadar gula dalam tubuh untuk segera normal.

Setelah itu, Anda dapat mulai mengonsumsi makanan pembuka seperti buah kurma atau kolak pisang secukupnya. Pastikan untuk selesai makan makanan apapun sekitar 3-4 jam sebelum tidur untuk menghindari lambung yang tidak nyaman dan gejala refluks.

3. Hindari Beberapa Jenis Makanan

Bagi penderita maag, makan tepat waktu dan teratur wajib diterapkan. Di bulan puasa, kebiasaan tersebut akan sulit dilakukan sehingga berisiko nyeri maag kambuh. Lalu adakah tips berpuasa aman bagi penderita maag?

Sakit maag merupakan peradangan pada mukosa (dinding bagian dalam) lambung. Gejala sakitnya beragam, dari nyeri pada ulu hati atau perut bagian kiri atas, kram perut, mual, muntah, kembung, dan begah. Gejala lainnya seperti sering buang angin, tidak nafsu makan, dada terasa terbakar, dan mulut terasa pahit.

Baca juga :  Scientific Anak Akan Tuhan, ” Bunda,Tuhan itu Siapa Sih?”

Penyebabnya biasanya adalah kebiasaan telat makan, saat asam lambung sudah terproduksi tidak ada makanan pada lambung. Konsumsi makanan pedas dan asam, makan obat pereda nyeri atau kortikosteroid dalam jangka lama, stres, merokok, dan infeksi bakteri juga bisa memicu nyeri lambung. Jadi hindari makanan yang pedas dan mengurangi konsumsi obat penghilang nyeri dalam jangka panjan.

4. Hindari Beberapa Jenis Minuman

Bukan hanya makanan, minuman juga dapat menyebabkan gejala maag. Minuman yang asam seperti jeruk dan lemon juga sebaiknya dihindari.

Minuman seperti soda juga sebaiknya dihindari untuk mencegah kambuhnya gastritis saat puasa. Minum kopi dan teh dalam jumlah berlebih juga dihindari karena kandungan kafeinnya bisa memicu asam lambung berlebih.

5. Konsumsi Makanan Jenis Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks adalah jenis makanan yang membuat Anda kenyang lebih lama. Makanan jenis ini menyebabkan gula darah akan naik perlahan dan bertahan lebih lama sehingga tidak mudah merasa lapar ketika berpuasa.

6. Beri jeda waktu sebelum tidur

Penderita maag dapat mengalami kenaikan asam lambung jika setelah makan langsung tidur. Jadi sebaiknya badan tetap berada dalam posisi tegak setelah makan.

Baiknya memberi jeda waktu sekitar satu jam sebelum tidur setelah makan, termasuk mengonsumsi kudapan atau makanan camilan

7. Hindari Merokok

Tips berpuasa aman bagi penderita maag lainnya adalah dengan menghindari rokok. Ya, mengisap tembakau berhubungan kekambuhan dengan maag dan masalah tukak lambung.

8. Konsumsi Obat Maag

Ada kalanya, sakit nyeri lambung sudah sangat mengganggu dan tidak dapat diatasi lagi dengan menjaga pola makan. Untuk itu, cara mengatasi mag saat puasa adalah dengan konsumsi obat maag.

Baca juga :  Stresnya Para Emak Dalam Mengambil Peran Guru Di Era Pandemi

Ada beberapa pilihan obat maag, yaitu antasida yang dijual secara bebas dan obat yang hanya dapat dibeli melalui resep dokter. Apapun obat yang dikonsumsi, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter.

9. Jangan Stres

Stres adalah salah satu pemicu sakit maag. Ketika stres tidak diadaptasi dengan baik oleh otak, hipotalamus akan mengaktifkan sistem hormonal otak yang melibatkan hypothalamic-pituitary-adrenal (HPA-Axis), yang produk akhirnya adalah hormon stres (kortisol).

Hormon ini mempunyai fungsi membalikkan keadaan normal fisiologis dari tubuh. Hormon ini juga memperlambat kerja lambung, dan meningkatkan produksi asam lambung yang memicu munculnya sakit maag.

10. Jaga Kebersihan Lingkungan

Penyebaran bakteri H. pylori yang menyebabkan infeksi lambung memang belum diketahui secara pasti. Sementara ini dugaan kuat berasal dari makanan dan minuman yang terkontaminasi.

Makahal terpentinguntuk melindungi diri dari infeksi saluran cerna yang menyebabkan maag kronis dengan cara menjaga kebersihan lingkungan. Pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta hanya mengonsumsi makanan yang telah matang.

Jika masih merasakan nyeri setelah melaksanakan 10 tips diatas ada baiknya jangan memaksakan diri dan segera batalkan puasa. Segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan yang tepat.

Tips disampaikan oleh dr Hemo

dr Hermawan Ch (Hemo)

 

 

 

 

 

Tonton Juga

You may also like

Leave a Comment