Home » Tim Verifikasi Propinsi Kunjungi Pelayanan TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan

Tim Verifikasi Propinsi Kunjungi Pelayanan TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan

PENDIM 0707/WONOSOBO

by Kodim 0707 Wonosobo
Listen to this article

Wonosobo, SatumenitNews – Tim Verifikasi Propinsi yang terdiri dari DP3AKB, BKKBN, Ster Kodam, dan Kesdam IV/Diponegoro mengunjungi pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh Kodim 0707/Wonosobo bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan DP4AKB Wonosobo dalam rangka verifikasi data dan kunjungan lapangan. (25/9/2023)

Dalam sambutannya Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Inf Helmy menyampaikan bahwa TNI mempunyai tugas tambahan yaitu membantu Pemda.  Bantuan tersebut banyak hal yang bisa dilakukan salah satunya di bidang kesehatan dan KB.

“Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana yang disingkat Bangga Kencana merupakan salah satu program unggulan TNI yang bekerja sama dengan BKKBN. Tugasnya adalah membantu mensukseskan program kesehatan dan pelayanan KB. Bangga Kencana menjadikan keluarga sebagai sandaran pembangunan serta berfokus mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Baca juga :  Koramil 01/Wonosobo Gelar Apel 3 Pilar Sambut Nataru

Program keluarga berencana dalam membangun keluarga berkualitas adalah upaya pengendalian penduduk dengan cara mengatur jarak kelahiran, melakukan pendewasaan usia perkawinan dan penurunan angka kematian bayi, ibu hamil dan ibu melahirkan,” kata Dandim.

Pelayanan yang diberikan pada kegiatan saat ini adalah memberikan pelayanan kepada 1.304 Akseptor yang terdiri dari IUD 132 akseptor, Implant 1.164 akseptor dan MOP 8 akseptor di beberapa tempat seperti di Klinik Pratama Kartika Kodim 0707/Wonosobo, gedung IBI dan Puskesmas Mojotengah.

“Program Bangga Kencana berkontribusi bukan hanya membatasi jumlah kelahiran, namun meningkatkan kualitas manusia, diantaranya peningkatan gizi ibu dan anak, mutu tenaga kerja, produktivitas, tingkat pendidikan, kesehatan dan penurunan kemiskinan. Program Bangga Kencana ini tentunya selaras dengan Program Kerja Prioritas Pemerintah Pusat,” ujar Letkol Inf Helmy.

Baca juga :  GOR Mangli Kembali Dibuka Untuk Umum Usai Revitalisasi

Bupati Wonosobo yang diwakili Asisten Pemerintah dan Kesra Didik Wibawanto menyampaikan bahwa TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan menjadi pengejawantahan kolaborasi sinergis, antara TNI dan Pemerintah Daerah, dalam mengakselerasi pencapaian kinerja Program Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting.

“Pemerintah Kabupaten Wonosobo telah melaksanakan berbagai kegiatan yang mendukung kesuksesan Program Bangga Kencana, yakni Pembangunan keluarga guna mewujudkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga,  Program pengendalian penduduk dilaksanakan melalui KB,” kata Didik W.

Kolaborasi antar pihak menjadi sebuah kunci dalam penanganan berbagai permasalahan daerah, dalam hal ini, peran dari institusi TNI dan jajarannya, sangat diperlukan untuk mensukseskan penanganan stunting dan Bangga Kencana ini.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Wonosobo, menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya, kepada seluruh pihak yang telah mendukung upaya penurunan stunting, terutama TNI, POLRI, BUMN, BUMD, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, swasta, komunitas, dan masyarakat,” pungkas Didik Wibawanto.

Baca juga :  Tim UNNES GIAT 3 Kenalkan Digitalisasi di SMPN 1 Candiroto

You may also like

Leave a Comment