Ganjar Minta Wujudkan Kemandirian Bangsa
Home » Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-94, Ganjar Minta Wujudkan Kemandirian Bangsa

Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-94, Ganjar Minta Wujudkan Kemandirian Bangsa

by Tri Laksono Adi Prabowo

Wonosobo, satumenitnews.com – Peringati hari sumpah pemuda ke-94, Ganjar minta wujudkan kemandirian bangsa. Hal tersebut ia sampaikan pada Jumat (28/10/2022) bertempat di Alun-alun Wonosobo.

“Momentum sumpah pemuda mengingatkan kita kepada semangat para pemuda waktu itu, yang mampu menggapai mimpi besarnya menuju Indonesia merdeka, untuk itu pemuda harus mampu mengisi kemerdekaan ini dengan penuh daya kreativitas karena ke depan tantangan cukup besar dalam mewujudkan kemandirian bangsa,” ucap orang nomor satu di Jawa Tengah tersebut.

Menurut Ganjar pemuda harus memiliki jiwa berkompetisi yang tinggi, yakni menciptakan kemandirian melalui berbagai sektor salah satunya pertanian.

Dalam rangka mewujudkan pengolahan sektor pertanian yang mandiri, memerlukan pembangunan kualitas pendidikan  secara berkelanjutan.

Baca juga :  Diduga Sopir Ngantuk, Dua Truk Lawan Arah Adu Banteng

Di tengah gempuran kemajuan teknologi, pemuda wajib pro aktif terhadap teknologi dan pengetahuan untuk dapat bersaing hingga kancah dunia.

“Anak muda mesti melek teknologi dan ilmu pengetahuan, terlebih saat kompetisi global mampu menjuarainya, mudah-mudahan peringatan ini dapat menjadi inspirasi bagi yang muda untuk bergerak, seperti kakek nenek yang pada zamannya menjadi peserta Kongres Sumpah Pemuda 1928,” harap Ganjar.

Tak lupa ganjar memberikan contoh nyata di mana terdapat warga asal Pemalang.  Pria  tersebut bernama Fajar Jaka Surya yang dapat mengubah nasibnya berkat pendidikan.

Fajar bisa berasal dari keluarga serba keterbatasan di mana orang tuanya hanya berprofesi sebagai penenun dengan upah yang sangat minim.

Baca juga :  Meriahkan HUT TNI ke-77, Persit Wonosobo Adakan Lomba Fashion Show

Sebelumnya pria asal Pemalang tersebut berniat tidak meneruskan pendidikannya akibat keterbatasan biaya. Berkat adanya pembiayaan APBD Pemprov Jateng ia dapat mengenyam pendidikan melalui SMK Negeri Jateng hingga ia lulus dan dapat bekerja.

“Kalau di Jateng bagaimana anak tak bisa sekolah dapat mengakses pendidikan, SMK Jateng kita siapkan untuk memberi ruang bagi yang tak mampu, hasilnya bagus, karena negara terlibat melalui pendidikan gratis, jangan biarkan mereka tak sekolah, agar pendidikan lebih baik, itu yang akan ubah nasib diri, keluarga dan bangsa,” tandas orang nomor satu di Jateng.

Sementara itu, Kepala Disdikpora Wonosobo, Harjanto mengaku bangga Wonosobo dapat dipercaya sebagai tuan rumah peringatan sumpah pemuda tingkat provinsi Jawa Tengah tahun 2022.

Baca juga :  Prokes Ketat, Kader Kesehatan Posyandu di Puskesmas Wergu Wetan Jalani Vaksinasi

Sambungnya, Harjanto berujar bahwa sumpah pemuda dapat menjadi sarana untuk menjaring kreatifitas pemuda untuk terus berinovasi dan berkreasi.

Sehingga, dalam momentum ini ia berharap dapat memberi dampak positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat Wonosobo. ***

You may also like

Leave a Comment