Home » Pemkab Wonosobo Raih 18 Penghargaan Program Kampung Iklim dari KLHK

Pemkab Wonosobo Raih 18 Penghargaan Program Kampung Iklim dari KLHK

by Wiwid
Listen to this article

Wonosobo, satumenitnews com –

Pemerintah Kabupaten Wonosobo menerima 18 penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia untuk Program Kampung Iklim (Proklim).

Penghargaan yang diterima pada Selasa (24/10/2023) tersebut meliputi Piagam Apresiasi Pembinaan ProKlim untuk Bupati Wonosobo, Trophy Proklim Lestari 2023 untuk Dusun Kalimendong Desa Kalimendong Leksono, Trophy Proklim Utama 2023 untuk Dusun Gondang Desa Gondang Watumalang, dan 15 Piagam Proklim Utama untuk Dusun, Desa, Kelurahan, dan RW.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, dalam arahannya menyampaikan penganugerahan Proklim 2023 merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah Daerah yang telah aktif dalam melaksanakan Program Kampung Iklim.

Baca juga :  Pemkab Wonosobo Tinjau Proses Pembangunan TA 2022

Proklim adalah kegiatan yang menggabungkan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim pada tingkat tapak dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat dan berbagai pihak, seperti pemerintah pusat, pemerintah daerah, dunia usaha, perguruan tinggi, dan lembaga non-pemerintah.

Dikatakan Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat,  bahwa upaya pengendalian perubahan iklim di Kabupaten Wonosobo terus dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak.

“Isu lingkungan bukanlah masalah individu, melainkan tanggung jawab bersama,” ujar Afif.

Ia juga mengapresiasi penghargaan yang diterima oleh 18 penggiat lingkungan di Wonosobo dan berharap pencapaian tersebut dapat terus ditingkatkan.

Bupati juga menekankan pentingnya partisipasi semua pihak dalam pengendalian perubahan iklim.

“Kabupaten Wonosobo berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup melalui mitigasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca,” jelasnya.

Baca juga :  Prajurit Kodim 0707/Wonosobo Dibekali Beladiri Taktis

Bupati juga berharap kedepan RW, Desa dan Kelurahan yang mendapat penghargaan ProKlim harus terus bertambah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wonosobo, Endang Lisdiyaningsih, menambahkan bahwa pemerintah terus mendorong agar semua Desa/Dusun/Kelurahan dapat menjadi Kampung Iklim.

“Selama ini desa yang sudah memperoleh predikat Kampung Iklim memiliki semangat yang luar biasa dalam mewujudkan adaptasi dan mitigasi iklim di wilayahnya,'” terangnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup berharap desa atau dusun di Wonosobo yang telah meraih penghargaan dapat menjadi contoh dan percontohan bagi desa-desa lain.

Diantaranya Dusun Kalimendong Desa Kalimendong Kecamatan Leksono selama dua tahun berturut-turut (2022 dan 2023.

“Kita bersama-sama bertanggung jawab dalam melestarikan lingkungan demi mewariskan bumi ini kepada generasi mendatang dengan kualitas yang sama atau bahkan lebih baik,” pesan Endang Lisdiyaningsih. (Wiwid).

Baca juga :  Real Count KPU di Wonosobo: Anies 12,91 %, Prabowo 53,97 %, dan Ganjar 33,12 %

You may also like

Leave a Comment