BPBD Wonosobo
Home » BPBD Wonosobo dan Desa Sumber Dalem Adakan Pelatihan Mandiri Kebencanaan

BPBD Wonosobo dan Desa Sumber Dalem Adakan Pelatihan Mandiri Kebencanaan

by Tri Laksono Adi Prabowo

Wonosobo, Satumenitnews.com – BPBD Wonosobo mengadakan pelatihan penanggulangan bencana secara mandiri untuk relawan Desa Sumber Dalem Kertek pada 18-20 November bertempat di Aula BPBD.

Dalam sesi pelatihan penanggulangan bencana tersebut setidaknya diikuti sebanyak 20 relawan yang berasal dari Desa Sumber Dalem, Kecamatan Kertek.

Pelatihan tersebut diinisiasi oleh Kepala Desa Sumber Dalem Widayanto. Ia menilai cuaca Wonosobo dan Kecamatan Kertek akhir-akhir ini mengarah ke kondisi ekstrim.

“Cuaca ekstrim yang terjadi di wilayah Kabupaten Wonosobo dan Kecamatan Kertek sangat berpotensi bencana, baik angin puting beliung, longsor dan kebakaran utamanya di desa kami (Sumber Dalem),” ucap Widayanto.

Pelatihan tersebut dibuka langsung oleh Camat Kertek yakni Singgih Kuncoro. Ia sangat berterima kasih kepada Pemerintah Desa Sumber Dalem dan BPBD Wonosobo yang telah menginisiasi pelatihan secara mandiri ini dapat terlaksana.

Baca juga :  Tersengat Listrik, Petani di Sapuran Tewas

Tak lupa Singgih juga meminta agar semua peserta yang mengikuti pelatihan agar dapat serius untuk kepentingan bersama.

“Semua peserta untuk dapat mengikuti pelatihan dengan serius mengingat wilayah Kertek rawan bencana, sehingga apabila terjadi bencana kita sudah siap dengan kekuatan relawan di wilayah masing-masing, artinya lebih baik siap tidak digunakan daripada mau digunakan tidak siap,” terang Singgih.

Dalam pelatihan tersebut para peserta akan diberikan beberapa materi, teori, serta praktik seperti manajemen posko, evakuasi & pertolongan, alur pelaporan, P3K, dapur umum, komunikasi, dan lain-lain.

Sementara itu Kalak BPBD Wonosobo, Bambang Trie memberikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada Pemerintah Desa Sumber Dalem yang memiliki inisitif untuk mengadakan pelatihan penanggulangan bencana secara mandiriĀ  yang dibiayai oleh APBDES. ***

Baca juga :  LGN-OTA Wonosobo Serahkan Bantuan Pendidikan ke 313 Anak

You may also like

Leave a Comment