Pilkades Serentak Wonosobo
Home » Jelang Pilkades Serentak Wonosobo 2022, Bakal Calon Kepala Desa dari 3 Desa Jalani Tes Tertulis

Jelang Pilkades Serentak Wonosobo 2022, Bakal Calon Kepala Desa dari 3 Desa Jalani Tes Tertulis

by Tri Laksono Adi Prabowo

Wonosobo, satumenitnews.com – Menuju Pilkades Serentak Wonosobo 2022, bakal calon kepala desa dari 3 desa jalani tes tertulis pada Rabu (28/9/2022) bertempat di Aula BLK Wonosobo.

Kepala Dinas Sosial dan PMD Kabupaten Wonosobo, Harti mengatakan bahwa tambahan seleksi tersebut karena adanya bakal calon Kades di beberapa desa lebih dari 5 kontestan.

“Seleksi tambahan ini dilakukan karena adanya bakal calon kepala desa di beberapa desa lebih dari 5 bakal calon, sehingga tes ini sangat penting untuk mengambil 5 besar terbaik,” ucapnya.

Beberapa desa yang memiliki kontestan lebih dari 5 bakal calon yaitu Desa Beran Kecamatan Kepil, Desa Jolontoro Kecamatan Sapuran dan Desa Gumawang Kidul Kecamatan Watumalang.

Baca juga :  Cipta Kondisi Pilkades Serentak, 1.700 Personel Polres Wonosobo Diterjunkan

“Diantaranya, Desa Beran Kecamatan Kepil sebanyak 11 orang, Desa Jolontoro Kecamatan Sapuran sebanyak 10 orang, dan Desa Gumawang Kidul Kecamatan Watumalang 7 orang,” terang Harti.

Adapun menurut Harti, tes tertulis bagi para bakal calon kepala desa tersebut meliputi uji Bahasa Indonesia, Pancasila, UUD 1945 dan pengetahuan seputar pemerintahan.

Setelah proses tes tertulis usai, selanjutnya akan dilakukan penetapan bakal calon Kepala Desa dan pengundian nomort urut.

“Tahapan selanjutnya akan dilakukan penetapan bakal calon Kepala Desa dan pengundian nomor urut yang akan dilaksanakan pada 5 Oktober 2022,” jelasnya.

Wakil Bupati Wonosobo, Muhammad Albar mengikuti pemantauan terkait pelaksanaan ujian tertulis tersebut. Ia juga berharap agar Pilkades Serentak 2022 dapat berjalan aman, tertib dan terkendali.

Baca juga :  Sindoro Sumbing Duathlon Seri 3 Diikuti Puluhan Atlet Nasional

“Saya harap, Pilkades Serentak 2022 berjalan dengan aman, tertib, dan terkendali,” pinta Albar.

Albar juga memberi sedikit wejangan bagi Kepala Desa terpilih nantinya agar langsung dapat beradaptasi dan membangun desanya masing-masing.

“Semoga Kepala Desa terpilih nantinya langsung dapat beradaptasi dengan masyarakat dalam membangun desanya masing-masing, sehingga kesejahteraan masyarakat menjadi prioritas utama melalui langkah kongkrit yang akan dilakukan,” sambungnya.

Sementara itu, terkait dengan pengamanan, Kapolres Wonosobo AKBP Eko Novan Prasetyo Puspito memaparkan jika ia bersama jajarannnya akan aktif melakukan patroli di 30 desa penyelenggaraan Pilkades 2022.

Untuk mencipatakan Pilkades Serentak Wonosobo 2022 yang aman dan tertib pihak Polres Wonosobo bakal menerjunkan 605 personil pada hari pencoblosan.

Baca juga :  Hujan Deras Sebabkan Senderan di Watumalang Longsor

“Kami masih terus melakukan pemetaan wilayah sesuai dengan kondisi geografis dan sejarah tindak pidananya yang pernah terjadi di sana, saat ini saya katakan Wonosobo masih aman,” ungkapnya.

Komisi A DPRD Wonosobo, Suwondo Yudhistiro menyampaikan agar para bakal calon kepala desa dan suksesinya untuk selalu mengedepankan kampanye yang baik dan tak melakukan black campaign.

“Jangan membuat narasi yang menyudutkan, pemimpin terpilih adalah pemimpin yang memiliki kualitas dan legitimasi kuat dalam masyarakat,” tegas Suwondo.

 

You may also like

Leave a Comment