Home » Jaga Kelestarian Lingkungan, Kodim 0707/Wonosobo Hijaukan Telaga Menjer

Jaga Kelestarian Lingkungan, Kodim 0707/Wonosobo Hijaukan Telaga Menjer

PENDIM 0707/WONOSOBO

by Kodim 0707 Wonosobo
Listen to this article

Kodim 0707/Wonosobo melaksanakan penghijauan Telaga Menjer dengan menanam pohon alpukat, kopi dan cemara dalam rangka peringatan HUT RI ke 78 dengan melibatkan berbagai komunitas, mahasiswa dan  masyarakat. Penanaman dipimpin Danramil 04/Garung Kapten Inf Iwan Nafarin. (14/8/2023)

“Saat ini Kodim 0707/Wonosobo dengan menggandeng berbagai komponen masyarakat melaksanakan penghijauan berupa penanaman di sekitar Telaga Menjer ini sebagai salah satu rangkaian memperingati kemerdekaan RI ke 78.  Pohon yang saat ini akan ditanam adalah pohon alpukat, kopi dan cemara berjumlah sekitar 300 batang,” kata Danramil.

Dipilihnya pohon alpukat, kopi dan cemara bukanlah tanpa alasan. Pohon alpukat dan kopi dipilih untuk memberikan makanan kepada hewan yang ada disana seperti monyet atau kera dan burung serta hewan lainnya. Sedangkan pohon cemara untuk keindahan dan menahan erosi dari longsor.

Baca juga :  Harga Daging Sapi Merangkak Naik di sejumlah Pasar Tradisional Wonosobo

Dengan banyaknya makanan di alam tersebut diharapkan hewan – hewan tersebut menjadi betah dan tidak merusak tanaman para petani. Disamping itu juga menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Telaga Menjer.  Kehadiran hewan – hewan ini akan menjaga habitat yang ada.  Itu sangatlah penting bagi kelangsungan ekosistem.

Joko Susilo salah satu pemilik homestay yang berada di Bukit Cinta Telaga Menjer menyampaikan terima kasih kepada Kodim 0707/Wonosobo khususnya Koramil 04/Garung yang telah melaksanakan penanaman ini.

“Dengan adanya penanaman ini menjadi sebuah dukungan moral tersendiri bagi para pelaku usaha di lokasi wisata Telaga Menjer.  Kehadiran TNI sangatlah tepat untuk bersama – sama menjaga ekosistem. Saat ini jumlah monyet atau kera sangatlah banyak.  Ini menjadi ikon tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana. Disisi lain jumlah kera semakin banyak membutuhkan makanan yang banyak pula.  Dengan ditanamnya pohon alpukat dan mempunyai manfaat ganda yaitu untuk makanan hewan dan juga bisa untuk oleh – oleh bagi pengunjung,” kata Joko Susilo.

Baca juga :  Dandim Ucapkan Terima Kasih Atas Kesuksesan Kunjungan Presiden ke Wonosobo

Kami sangat berterima kasih kepada Koramil 04/Garung yang selama ini sudah membantu dan membersamai setiap kegiatan yang ada. Mulai pembersihan telaga, ikut menjaga keamanan, menanam berbagai pohon dan sebagainya, pungkas Joko Susilo.

You may also like

Leave a Comment