Home » Polres Kebumen Gelar Operasi Mantap Brata Pengamanan Pemilu 2023

Polres Kebumen Gelar Operasi Mantap Brata Pengamanan Pemilu 2023

by Herman
Listen to this article

Kebumen, Satumenitnews.com – Operasi Mantap Brata digelar kepolisian termasuk Polres Kebumen. Ditandai dengan pemasangan pita tanda operasi saat apel gelar, operasi terpusat untuk mengamankan rangkaian tahapan pemilu 2024 resmi digelar Polres Kebumen, Jumat 20 Oktober 2023.

Dijelaskan Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin saat memimpin apel gelar di halaman Mapolres, hal ini dilakukan untuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana Operasi Mantap Brata 2023-2024.

“Ini pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa kita, masa depan negara kita,” kata Kapolres Kebumen.

Kapolres Kebumen berharap, semua ikut berperan penuh dalam mensukseskan Pemilu 2024 mendatang. Pemilu 2024, menurut Kapolres memiliki kompleksitas tersendiri karena karena dilaksanakan serentak dalam waktu berdekatan, wilayah yang luas, geografis yang beragam serta melibatkan jumlah pemilih yang besar.

Baca juga :  Polres Wonosobo Tangkap Tiga Pelaku Pemerasan Yang Mengaku Wartawan

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan oleh Kapolres, jika didapati kerawanan yang dapat mengganggu stabilitas kamtibmas selama pemilu agar ditangani sesuai standar operasional prosedur.

Pada pengamanan rangkaian pemilu, aksi terorisme juga menjadi perhatian serius operasi ini sehingga tidak terjadi letupan aksi sekecil apapun.

Lanjut Kapolres Kebumen, pengaturan jadwal pengamanan juga harus dilakukan agar pengamanan bisa maksimal karena rentan waktu yang panjang.

“Kami melakukan pengaturan jadwal pengamanan, sehingga kesehatan personel selalu dalam kondisi prima. Hal ini penting mengingat operasi yang kita laksanakan panjang, dan Pemilu 2024 dilakukan secara serentak,” pungkasnya.

Berdasarkan data dari Posko Operasi Mantap Brata 2023-2024, Polres Kebumen menerjunkan 521 personel serta dibackup instansi samping, Kodim 0709 Kebumen, dan Pemkab Kebumen.

Baca juga :  Pleno Kabupaten Berjalan Lancar : Partisipasi Pemilih Mencapai 83 Persen

Bahkan Kantor KPU Kebumen, Bawaslu Kebumen dan gudang logistik pemilu telah dilakukan pengamanan 24 jam oleh personel Polres Kebumen sejak Selasa 17 Oktober 2023.

You may also like

Leave a Comment