Home » Festival Literasi Wonosobo Pintar, Bangkitkan Gairah Kompetisi

Festival Literasi Wonosobo Pintar, Bangkitkan Gairah Kompetisi

by Hasan

WONOSOBO – Bupati Wonosobo menghadiri penyerahan hadiah lomba Festival Literasi Wonosobo Pintar Tahun 2021, di Aula Dinas Arsip Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Wonosobo, Senin (13/12/2021).
Pada kesempatan itu Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, S.Ag, juga menyampaikan bahwa melalui Festival Literasi Wonosobo Pintar Tahun 2021, seluruh masyarakat Wonosobo dapat meningkatkan semangat literasi.

Sehingga semakin banyak masyarakat yang teredukasi, utamanya para generasi muda penerus bangsa.

Masyarakat yang teredukasi tentu akan mampu mengembangkan karakter diri, sehingga mampu menjadi generasi emas penyokong kemajuan pembangunan bangsa.
Bupati juga menyampaikan bahwa lomba ini sebagai sarana edukasi, sarana menuangkan ide dan gagasan.

“Gagasan ada, idenya ada tapi kalau tidak pernah ada ruang yang diberikan oleh Arpusda maka ide dan gagasan itu tidak tersalurkan,” ungkap Bupati.

Baca juga :  Siap Tidak Siap Pemkab Wonosobo Harus Siap Hadapi Perubahan Harga

“Sehingga dengan adanya lomba ini, arpusda memberikan sebuah ruang untuk menuangkan sebuah gagasan, ide, inspirasi bahkan menuangkan sebuah inovasi yang masyarakat miliki. Karena yakin bahwa setiap kita ada potensi, tinggal potensi itu kapan dan kemana akan disalurkan,” terang Afif.

Bupati juga meyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang lomba. Karena ini merupakan tahapan awal, selanjutnya yang terpenting adalah bagaimana adik-adik siswa sekolah, bapak ibu guru dan masyarakat untuk gemar membaca, karena buku adalah sumber ilmu.

Terkait pemenang lomba perpustakaan desa, Afif juga menyampaikan bahwa perpustakaan desa bisa berhasil, tidak lepas daripada komitmen Kepala desa, perangkat Desa, dan yang tidak kalah penting adalah pendamping perpustakaan desa yang sealalu intens membersamai tata kelola perpustakaan desa.

Baca juga :  Koramil 01/Wonosobo Gelar Apel 3 Pilar Sambut Nataru

“Peran pendamping ini menjadi penting, ketika komitmennya sudah ada, SDM nya sudah ada, tapi kalau tata kelolanya tidak ditemani, dibimbing dibina maka komitmen itu tidak berjalan dengan baik. Oleh karena itu kepada para pendamping perpustakaan desa saya ucapkan terima kasih,” pungkas Bupati.

Sementara pada kesempatan itu Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Wonosobo, Musofa, menyampaikan bahwa lomba Festival Literasi Wonosobo Pintar (FLWP) mengundang tak kurang dari 50 pemenang yang berlangsung sejak bulan September, Oktober, dan November tersebut.

Musofa juga menyampaikan berbagai kegiatan dilaksanakan pada Festival Literasi Wonosobo Pintar, dimana sebelumnya dilakukan berbagai kegiatan yaitu seminar membaca, pelayanan school, serta pelatihan untuk kalangan disabilitas.

Baca juga :  Harga Baru Minyak Goreng Masih Abu-abu

“Diadakannya acara ini menjadi dokumen bersejarah untuk para pemenang bahwa mereka adalah bagian penting mewujudkan elemen masyarakat cerdas berliterasi,” ungkap Musofa.
“Ke depannya, Arpusda dapat bekerjasama dengan para juara bersama-sama meneruskan perjuangan dalam upayanya meningkatan literasi di Kabupaten Wonosobo sehingga dapat mewujudkan Wonosobo yang sejahtera. Tidak berhenti di penghargaan saja, artinya harus ada tindak lanjut yang lebih konkrit untuk para pemenang,” pungkas Musofa. (E2)

You may also like

Leave a Comment