Desa Wisata Giyanti
Home » Desa Wisata Giyanti Sabet Juara Seni Budaya dari Disporapar Jateng

Desa Wisata Giyanti Sabet Juara Seni Budaya dari Disporapar Jateng

by Tri Laksono Adi Prabowo

WONOSOBO, [SATUMENITNEWS.COM] -Desa Wisata Giyanti Kadipaten Kecamatan Selomerto berhasil mewakili Kabupaten Wonosobo sabet juara Desa Wisata Kategori Seni Budaya dalam Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022 pada Sabtu (26/11) bertempat di Kembang Limus Borobudur, Magelang.

Dalam Gelar Desa Wisata Jateng yang diikuti sebanyak 27 Kabupaten/Kota tersebut diselenggarakan oleh Disporapar Provinsi Jawa Tengah.

Gelaran tersebut memiliki beberapa tahap kurasi yang meliputi tiga tahap yakni seleksi video profil selama 10 menit, setelahnya akan dipilih 10 desa wisata terpilih untuk kemudian dilakukan kunjungan oleh panitia secara langsung.

Bagi 10 desa wisata terpilih berhak melenggang ke Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022 untuk mengikuti pameran di Kembanglimus, Borobodur, Magelang.

Baca juga :  Hari Sumpah Pemuda ke-94 Dihiasi 28 Balon yang Mengudara di Langit Wonosobo

Dengan daya tarik seni budaya yang sangat asri menjadikan Desa Wisata Giyanti pantas terpilih untuk masuk ke 10 desa wisata terbaik jawa tengah tahun ini.

Sebelumnya Desa Wisata Giyanti sukses menembus 500 besar pada gelaran Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Kini sejarah kembali ditorehkan setelah Desa Wisata Giyanti menjadi juara dalam kategori seni budaya.

Desa Wisata Giyanti memang memiliki daya tarik wisata yang tak umum dibanding desa wisata lainnya. Sebut saja seperti Pasar Ting, Kampung Lengger, Rakanan Njanti dan daya tarik lainnya yang sukses menjadikan Giyanti dikenal banyak wisatawan.

Berkat prestasi yang berhasil diukir Desa Wisata Giyanti, Kadisparbud Wonosobo Agus Wibowo memberikan apresiasi yang tinggi.

Baca juga :  Yayasan SETARA dan UNICEF Bantu Fasilitasi Lingkungan Ramah Anak

“Luar biasa, ini sebuah kemajuan dan motivasi bagi desa-desa wisata lain untuk berbenah dan menjadi desa-desa wisata yang lebih hebat di masa-masa mendatang”, ucap Agus.

Tak lupa Agus turut berpesan kepada desa wisata yang belum dapat menorehkan prestasi agar tetap semangat untuk mengembangkan daya tarik dan jangan berkecil hati.

Disparbud Wonosobo akan selalu berkomitmen untuk selalu memberikan pembinaan dan pengingkatan kapasitas SDM melalui pelatihan, kerjsama promosi yang diselenggarakan desa wisata.

Kabid Pemasaran Disparbud Wonosobo Fatonah Ismangil meminta agar Desa Wisata Giyanti untuk terus bergerak maju ke arah inovasi dan kreatif dan dapat mampu bertahan di tengah kemajuan zaman.

“Aspek-aspek pariwisata harus tetap dikedepankan yakni Amenitas, Atraksi, Aksesbilitas dan Kelembagaannya, serta bagaimana menerapkan Sapta Pesona yang sesungguhnya dan berkolaborasi dengan banyak pihak, ini berlaku untuk semua desa wisata di Wonosobo,” ucap Fatonah. ***

Baca juga :  SWB Salurkan Sembako ke Yayasan Dzikrul Ghofilin

You may also like

Leave a Comment