Home » Bangun Kerukunan Umat Beragama, Kodim 0707/Wonosobo Komsos Dengan Tomas dan FKUB

Bangun Kerukunan Umat Beragama, Kodim 0707/Wonosobo Komsos Dengan Tomas dan FKUB

PENDIM 0707/WONOSOBO

by Kodim 0707 Wonosobo
Listen to this article

Wonosobo, SatumenitNews – Dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya kerukunan antar umat beragama, Kodim 0707/Wonosobo menggelar acara komunikasi sosial dengan Tomas dan FKUB Kabupaten Wonosobo bertempat di aula Makodim 0707/Wonosobo, Selasa (24/10/2023)

Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Inf Helmy menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dimaksudkan untuk semakin memperkokoh kerukunan umat beragama di Kabupaten Wonosobo mengingat sebentar lagi akan diadakan pesta demokrasi. Komandan kodim  berpesan agar kita semua ikut menjaga situasi politik khususnya di Kabupaten Wonosobo  agar tercipta Pemilu damai demi terwujudnya Indonesia yang lebih maju.

Ketua FKUB  Kabupaten Wonosobo yang diwakili Sekretaris FKUB Tri Utoro dalam pemaparannya menyampaikan bahwa kerukunan dan sikap toleransi antar umat beragama merupakan syarat mutlak bagi terbangunnya persatuan dan kesatuan bangsa, serta syarat bagi keberhasilan pembangunan nasional.

Baca juga :  Dandim Ucapkan Terima Kasih Atas Kesuksesan Kunjungan Presiden ke Wonosobo

“Bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk dan pluralistik, terdiri dari beragam Ras, suku dan agama, namun meskipun demikian, sejak dulu bangsa ini dikenal sebagai bangsa yang damai dan toleran serta menjadi acuan negara lain dalam hal kerukunan antar umat beragama,” terangnya.

Pasiter Kodim 0707/Wonosobo yang juga sebagai pembicara menyampaikan bahwa kita patut  bersyukur memiliki dasar negara Pancasila karena di dalam Pancasila sudah mencakup semua nilai-nilai kehidupan, mulai dari ketuhanan, kemanusian, persatuan serta keadilan dan Kodim Wonosobo yang membantu tugas pemerintah akan menindak tegas dan tidak akan memberi ruang sedikitpun bagi kelompok intoleran dan radikalisme untuk berkembang baik di negeri ini. Juga tugas kita bersama  untuk selalu memberikan pemahaman tentang moderasi dalam beragama dan pentingnya memupuk sikap toleransi antar umat beragama di tengah masyarakat, terutama di tengah generasi muda kita tuturnya.

Baca juga :  Peringati Hari Anti Korupsi, Kades dan Perangkat Desa Kepil Adakan Penyuluhan Hukum

Sementara itu I Made KS yang mewakili umat Hindu Wonosobo dalam sambutannya mengatakan pentingnya membangun sikap toleransi beragama dan ini bukan hanya tugas pemerintah saja tapi tugas kita bersama demi terciptanya Indonesia yang damai dan sejahtera.

Hadir dalam acara tersebut  tokoh masyarakat, Forum Komunikasi Umat Beragama, perwakilan dari Nahdlatul Ulama (NU) beserta Muhammadiyah, perwakilan umat nasrani dan Hindu serta presidium MLKI kabupaten Wonosobo.

You may also like

Leave a Comment