Home » Babinsa Koramil 05/Kejajar Bersama KKN UGM Melaksanakan Konservasi Gunung Prau

Babinsa Koramil 05/Kejajar Bersama KKN UGM Melaksanakan Konservasi Gunung Prau

PENDIM 0707/WONOSOBO

by Kodim 0707 Wonosobo
Listen to this article

Tidak kurang dari 500 pohon, yang terdiri dari pohon damar, cemara, pucuk merah ditanam oleh Serda Kusno bersama mahasiswa KKN UGM, Dinas Lingkungan Hidup (LH),  Karang Taruna Desa Dieng, Dieng Bersatu Adventure, dan Siswa SMP N 2 Kejajar melaksanakan konservasi penanaman pohon di kawasan gunung Prau. (29/1/2024)

Saat melaksanakan penanaman Serda Kusno menyampaikan menjaga alam adalah tanggung jawab kita semua sebagai umat manusia. Apalagi generasi muda harus tahu dan paham akan kelestarian lingkungan disekitar kita.

“Kegiatan menanam ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat mulia, karena dengan menanam pohon di gunung akan membawa dampak yang sangat baik bagi kelangsungan hidup manusia. Flora dan fauna yang ada disana akan bisa lestari” kata Serda Kusno.

Baca juga :  Lantik Baznas Wonosobo, Afif: Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Alam yang terjaga dengan baik membawa manfaat bagi manusia salah satunya adalah terjaganya kesediaan air. Karena dengan kondisi hutan yang baik, mata air akan bisa mengalir dengan lancar baik musim penghujan maupun kemarau.

“Alam merupakan titipan anak cucu kita, oleh sebab itu agar bisa diserahkan kepadanya maka saat ini kita diwajibkan tidak merusaknya. Kita harus menjaga agar alam ini terpelihara dengan baik. Banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan cara merawat dan menanam kembali” Kata Babinsa.

Karena itu merupakan kegiatan yang sangat baik maka TNI khususnya Koramil mendukung kegiatan konservasi hutan, seperti di Gunung Prau ini. Dengan menjaga dan memelihara hutan maka hutan akan menjaga kita, membawa manfaat yang sangat banyak seperti tersedianya air, menjadi habitat hewan dan sebagainya.

Baca juga :  Nyawiji Menjadi Kata Kunci Keberhasilan Pembangunan

“Apalagi Gunung Prau saat ini menjadi tujuan pendakian bagi para wisatawan, tiap harinya ada orang yang naik kesana. Apalagi jika hari Sabtu , Minggu atau hari libur jumlah bisa mencapai ribuan orang. Maka sudah sepatutnya kita menjaga agar alam tetap lestari dan wisatawan senang mengunjunginya” ujar Serda Kusno.

Yoga ketua kelompok KKN menyampaikan sangat berterima kasih telah dilibatkan dalam kegiatan konservasi. Ini menjadi sebuah pengalaman yang sangat berharga karena banyak ilmu yang didapat. Disamping itu juga bisa berwisata sambil belajar menjaga alam.

“Kami sebagai generasi muda akan mengajak dan menjaga kepada teman – teman yang lain untuk bersama – sama menjaga lingkungan disekitar kita tinggal” pungkas Yoga.

Baca juga :  Ratusan Kendaraan Tertangkap Kamera Tilang Elektronik Selama Sepekan Diterapkan

You may also like

Leave a Comment

error: Content is protected !!