Wabup Wonosobo
Home » Wabup Wonosobo Dorong Lulusan SMK Siap Memasuki Dunia Kerja

Wabup Wonosobo Dorong Lulusan SMK Siap Memasuki Dunia Kerja

by Tri Laksono Adi Prabowo

WONOSOBO, [SATUMENITNEWS.COM] – Wabup Wonosobo Muhammad Albar dorong para lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) siap masuki dunia kerja pada Selasa (6/12), bertempat di SMK Takhassus Al-Qur’an Kalibeber.

Dengan modal utama menerima ilmu pengetahuan dan teknologi dalam usia muda diharapkan dapat mencetak lulusan yang siap bekerja maupun berwirausaha.

Untuk itu, Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, dan Transmigrasi Kabupaten Wonosobo terus melakukan upaya pencrian solusi dan mendukung pembangunan sektor ketenagakerjaan guna mengakomodasi para lulusan SMK.

Berkat hal tersebut, Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, dan Transmigrasi Kabupaten Wonosobo, Muhammad Albar memberikan apresiasi atas langkah yang telah dilakukan.

“salah satu usaha yang dilakukan pemerintah, dengan jemput bola melalui kegiatan Sosialisasi Penyebarluasan Informasi Peluang, Mekanisme dan Prosedur Kerja ke sekolah sekolah utamanya SMK, sebagai salah satu cerminan, bahwa partisipasi dunia pendidikan dan pemerintah tidak dapat dipisahkan dalam pembangunan sektor ketenagakerjaan,” terang Albar.

Baca juga :  LGN-OTA Wonosobo Serahkan Bantuan Pendidikan ke 313 Anak

Menurut Albar persoalan ketenagakerjaan dapat diselesaikan jika semua instansi dan sektor terkait mampu melakukan partisipasi secara proaktif.

Albar juga menekankan peningkatan kemampuan SDM yang unggul juga akan menghasilkan lulusan-lulusan berdaya saing tinggi.

Penguasaan teknologi wajib dilakukan guna menghadapi tantantang global yakni era revolusi industri 4.0 yang tidak dapat dihindari di masa mendatang.

Tak lupa Wabup juga menegaskan pentingya matching antara dunia kerja dan pendidikan di SMK yang wajib diperhatikan khususnya melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler maupun ekstrakulikuler.

Sehingga apabila dihadapkan pada kondisi kerja dan wirausaha mereka sudah siap dengan pengetahuan dan keahlian yang sudah dikantongi semasa sekolah.

“Maka proses pembelajaran di SMK perlu direncanakan, dilaksanakan dan dikendalikan untuk mencapai tujuan yaitu menghasilkan tamatan yang bermental baja, yang siap menghadapi dunia kerja dan wirausaha,” terang Albar.

Baca juga :  Banyak Pedagang Pasar Induk Wonosobo Kaget, Bagian Los Kiosnya Kurang Dari 1 Meter Untuk Tiap Ijinnya

“Semoga Sosialisasi Penyebarluasan Informasi Peluang, Mekanisme dan Prosedur Kerja kali ini dapat menjadi pembuka jalan bagi masyarakat untuk dapat berkerja dan berkarier, sehingga akan berdampak berdampak positif pada peningkatan laju perekonomian serta peningkatan kesejahteraan masyarakat Wonosobo,” tutup Albar. ***

You may also like

Leave a Comment