TMMD Sengkuyung Tahap III
Home » TMMD Sengkuyung Tahap III Kembangkan Sektor Pariwisata

TMMD Sengkuyung Tahap III Kembangkan Sektor Pariwisata

by Tri Laksono Adi Prabowo

Wonosobo, satumenitnews.com – TMMD Sengkuyung tahap III turut ambil bagian untuk kembangkan sektor pariwisata di Desa Maron, Kecamatan Garung, Wonosobo.

Hal tersebut dilakukan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III guna mendukung pertumbuhan dan pembangunan ekonomi masyarakat khususnya pada sektor pariwisata.

Pada sesi pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2022, Selasa, (11/10/2022), di Lapangan Desa Maron, Garung Wonosobo, Dandim 0707 Wonosobo, Letkol Inf Rahmat berujar jika TNI Manunggal Membangun Desa sendiri akan digelar pada 11 Oktober sampai dengan 9 November 2022.

Demi suksesnya kegiatan tersebut akan melibatkan kolaborasi antar beberapa elemen yakni dari TNI 40 orang, POLRI 10 orang, Pemda 10 orang dan masyarakat sebanyak 100 orang.

Baca juga :  Farmtrip Pawira in Wonosobo, Ratusan Peserta Siap Promosikan Wisata Wonosobo

Diharapakan dengan gelaran tersebut dapat menjadi kunci penting demi terwujudnya kolaborasi dan sinergitas yang makin apik.

“TMMD menjadi media dalam upaya penguatan kolaborasi dan sinergitas antar elemen, berbasis pada semangat dan nilai kegotongroyongan yang tinggi,” tegas Rahmat.

Sementara itu Danramil 14 Sukoharjo, Kapten Arm Suyitno berharap dengan adanya TMMD Sengkuyung Tahap III tersebut dapat memantu percepatan pembangunan, kesejahteraan dan memantapkan persatuan antara TNI dan Rakyat.

Lebih detail, terang Suyitno rencananya kegiatan fisik tersebut bakal menyasar pada pekerjaan pengerasan jalan antar Desa Maron-Menjer yakni berupa betonisasi, senderan dan rehabilitasi saluran serta jembatan.

Sedangkan kegiatan non fisik yakni berupa pembekalan bela negara, wawasan kebangsaan, kamtibmas, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan hukum dan HAM, sosialisasi kesehatan lingkungan dan pencegahan bahaya stunting, penyuluhan pertanian dan peternakan, pengelolaan sampah, penyuluhan destinasi wisata, kelembagaan pemuda, pelayanan KB-kesehatan, dan administrasi kependudukan.

Baca juga :  Tema Gumregah Makaryo Sesarengan Diaplikasikan DPUPR Wonosobo Untuk Atasi Kekurangan Sumber Daya

Sementara itu, Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat berharap melalui kegiatan ini dapat mengoptimalkan pembangunan ekonomi masyarakat selain dari sektor pertanian.

“TMMD Sengkuyung III di Desa Maron Kecamatan Garung dikonsentrasikan pada pengembangan sektor pariwisata, diharapkan melalui program ini potensi wisata di Desa Maron dapat dioptimalkan untuk mendukung pembangunan ekonomi masyarakat selain dari sektor pertanian,” tutur Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat.

Afif menambahkan dengan hadirnya program strategis TMMD dapat menjadi bagian sinergitas dan pemberdayaan masyarakat dalam mengatasi berbagai masalah seperti Covid-19 dan laju inflasi guna pegurangan kemiskinan, stunting dan problematika lainnya.

 

You may also like

Leave a Comment