Home » Selama Pandemi, Budidaya Kambing di Desa Karangluhur Justru Alami Peningkatan

Selama Pandemi, Budidaya Kambing di Desa Karangluhur Justru Alami Peningkatan

by Wonosobo1menit

WONOSOBO РAdanya virus pandemi Covid-19 tidak menyurutkan warga Dusun Kliwonan Desa Karangluhur Kecamatan Kertek untuk tetap berkarya. Hampir 40 orang warga melakoni budidaya kambing jenis gembel, baik diternak maupun penggemukan di kandang milik warga.

Selama Pandemi, Budidaya Kambing di Desa Karangluhur Justru Alami Peningkatan

Mutohar Kadus Dusun Kliwonan Desa Karangluhur Kecamatan Kertek

Hal tersebut disampaikan Kadus Kliwonan Mutohar, semenjak adanya virus pandemi Covid-19 kegiatan masyarakat banyak yang vakum sampai dengan saat ini, namun budidaya kambing yang dijalankan warga justru semakin menggeliat.

“Sekitar 40 orang warga Kliwonan mencoba melakoni budidaya kambing ternak dan penggemukan secara mandiri. Saat ini ada sekitar 400 kambing yang dipelihara di dusun ini,” ungkapnya, Kamis (11/03/21).

Ia mengungkapkan, dalam budidaya kambing tersebut pernah mengalami angka kematian cukup tinggi, dari pemeliharaan 70 ekor kambing pernah mati 11 ekor. Hal tersebut terjadi sebelum warga mengikuti penyuluhan tata cara penanganan dan pemeliharaan kambing dengan baik dan benar dari Dinas Peternakan Wonosobo.

Baca juga :  Satu Spesialis Pencurian Toko di Wonosobo Berhasil Dibekuk

“Setelah adanya penyuluhan dari Dinas Peternakan Wonosobo, sekarang sangat minim angka kematian kambing karena peternak sudah mengetahui cara pemeliharaanya,” ucapnya.

Mutohar menjelaskan, perkembangan budidaya dan penggemukan kambing yang dilakukan oleh warganya sudah ada peningkatan signifikan.

“Peternak di sini sangat fokus dalam menangani kambing jenis gembel yang dibudidaya, terlihat ada perkembangan yang sangat bagus, baik kambing ternak maupun kambing penggemukan,” ujarnya.

Selama Pandemi, Budidaya Kambing di Desa Karangluhur Justru Alami Peningkatan

Kambing ternak jenis gembel milik warga Dusun Kliwonan Kertek

Katanya, khusus kambing penggemukan dijual pada bulan Muharram atau menjelang hari raya Idul Adha. Pada tahun 2020 dusun Kliwonan menjadi salah satu dusun pemasok kambing terbanyak ke luar kota, seperti Jogjakarta dan Jakarta. Jumlah yang dijual hingga mencapai 1.000 ekor kambing.

Baca juga :  Ratusan Kendaraan Tertangkap Kamera Tilang Elektronik Selama Sepekan Diterapkan

“Semoga dengan adanya budidaya kambing di Dusun Kliwonan ini, saya berharap akan meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan warga masyarakat,” tutup Mutohar. (Budilaw79/e2)

You may also like

Leave a Comment