Home » Persiapan Haflah Khotmil Qur’an 44 PPTQ Al-Asy’Ariyyah

Persiapan Haflah Khotmil Qur’an 44 PPTQ Al-Asy’Ariyyah

by Wonosobo1menit

Sejumlah santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an (PPTQ) Al-Asy’ariyyah Kalibeber nampak serius mempersiapkan diri guna mengikuti Haflah Khotmil Qur’an (HKQ) yang rencananya akan diselenggarakan Kamis 19 Agustus 2021. Sejumlah santri telah bersiap untuk menjalani evaluasi dan test hafalan Al-Qur’an.

Lurah Pondok PPTQ Al-Asy’ariyyah Ustadzah Lulu’ Luthfiana, mengatakan bahwa kegiatan Haflah Khotmil Qur’an (HKQ) merupakan agenda pondok yang diselenggarakan rutin setiap tahunnya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk sarana evaluasi mengaji santri dalam satu tahun yang telah dicapai,” katanya.

Sebelum pelaksanaan kegiatan Haflah Khotmil Qur’an para santri akan melaksanakan test hafalan dan evaluasi. Tes dan evaluasi akan dilangsungkan selama dua hari, Senin 28 dan 29 Juni 2021 di Aula Utama Pondok Pesantren Al-Asy’ariyyah Kalibeber Wonosobo.

Baca juga :  Diduga Sudah 3 Hari, Nenek di Kudus Ditemukan Meninggal

“Kegiatan test hafalan akan melibatkan para santri, pengurus pondok dan para penguji hafalan, dimana sesuai dengan target untuk khotimat Bil ‘Amma akan menghafalkan seluruh Juz ‘Amma dan Tahlil.Untuk Bin Nadzor akan menghafalkan surat-surat penting seperti Surat As-Sajdah dan Al-Waqi’ah beserta Tahlil. Sedangkan untuk kategori Bil Ghoib setiap harinya memurojaah satu Juz dengan pengampu hafalan,” imbuh Lulu’Luthfiana

Akan tetapi tidak sedikit dari para santri yang lebih memilih melaksanakan setoran lebih awal dari waktu yang telah ditentukan. Hanya saja untuk waktu setoran menunggu keluangan waktu para penguji, menurut para santri lebih cepat setoran lebih baik. Banyak pula di antara santri-santri yang memilih melakukan setoran hafalan mandiri terlebih dahulu dengan masing-masing temannya  supaya nanti ketika di setorkan kepada penguji hafalannya lebih lancar.

Baca juga :  Mentari Sehat Refreshment Kader TBC Wonosobo

Kontributor; Firda Silvia Hasna (mahasiswi KPI Universitas Sains Al-Qur’an)

You may also like

Leave a Comment