Home » Persami Saka Wira Kartika Wahana Pendidikan Karakter Generasi Muda

Persami Saka Wira Kartika Wahana Pendidikan Karakter Generasi Muda

PENDIM 0707/WONOSOBO

by Kodim 0707 Wonosobo
Listen to this article

Saka Wira Kartika binaan Kodim 0707/Wonosobo menyelenggarakan Persami (Perkemahan Sabtu Minggu) bertempat di Desa Bejiarum, Kertek.  Tema yang diusung kali ini adalah  mewujudkan Binter TNI AD yang adaptif melalui pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika guna membuka generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan. (27/6/2023)

Dandim 0707/Wonosobo melalui Pasi Ter Kodim Kapten Inf Y. Nurbiyanto menyampaikan generasi muda adalah calon penerus bangsa.  Agar bisa menjadi penerus bangsa yang diandalkan untuk mengisi kemerdekaan maka harus memiliki kapasitas dari segi ilmu dan karakter yang berlandaskan Pancasila.

Lebih lanjut disampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk membentuk sikap dan karakter yang berwawasan kebangsaan serta berjiwa kesatria. Pembentukan Pramuka Saka Wira Kartika, sebagai wadah pilihan utama dan solusi bagi generasi muda, yang berpotensi di bidang kepramukaan dengan menitikberatkan kepemimpinan mandiri, pengetahuan kewilayahan dan pengamanan lingkungan.

Baca juga :  Imam Triyanto Resmi Jadi Ketua Koni Baru

“Gerakan pramuka mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembinaan generasi muda, untuk membentuk kader penerus cita-cita dan perjuangan bangsa yang berjiwa Pancasila. Ini salah satu alasan yang melatar belakangi dilaksanakannya Perkemahan Sabtu Minggu (Persami)” ujarnya.

Kegiatan Persami juga akan mampu meningkatkan wawasan dan semangat kebangsaan, serta bela negara generasi muda, sehingga mampu menggugah semangat persatuan dan kesatuan bangsa, juga bertujuan untuk membentuk kader generasi muda sebagai pemimpin bangsa yang berkarakter, pungkasnya.

Kegiatan Persami ditinjau Korem 072/Pamungkas yang diwakili Pasi Bin Wanmil Siterrem 072 Kapten Inf Fektor Suyitno.  Saat mengawasi jalannya Persami disampaikan agar memperhatikan faktor keamanan.  Mengingat kegiatan dilaksanakan diluar, cuaca kadang kurang mendukung. Walaupun musim kemarau akan tetapi masih sering terjadi hujan.

Baca juga :  Wasbang, Narkoba, Hukum dan PBB menjadi Materi Penyuluhan Saat TMMD

“Laksanakan kegiatan sesuai jadwal yang telah dibuat, akan tetapi harus tetap memperhatikan faktor keamanan. Mengingat kegiatan sampai malam hari ini membutuhkan perhatian yang cukup ekstra” kata Kapten Inf Fektor Suyanto.

You may also like

Leave a Comment

error: Content is protected !!