Home » ODF di Kabupaten Wonosobo Menjadi Tugas Dan Tanggung Jawab Bersama

ODF di Kabupaten Wonosobo Menjadi Tugas Dan Tanggung Jawab Bersama

PENDIM 0707/WONOSOBO

by Kodim 0707 Wonosobo
Listen to this article

Wonosobo, satumenitnews.com – Dandim 0707/Wonosobo Letkol Inf Helmy bersama Forkopimda, instansi terkait, Camat se Wonosobo serta undangan lainnya menghadiri acara Open Defecation Free (ODF) tingkat Kecamatan Wonosobo. Acara dibuka oleh Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat bertempat di gedung Sasana Adipura Kencana, (27/6/2023).

Bupati dalam sambutannya menyampaikan Deklarasi ODF menjadi prioritas tersendiri pada pemerintah daerah, sebagai sebuah komitmen dan upaya pemerintah beserta masyarakatnya, dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Kegiatan ini juga sekaligus sebagai salah satu faktor penting penunjang kesejahteraan dan kemajuan daerah untuk tingkat Kabupaten deklarasi ODF ditargetkan pada bulan September 2023.

“Oleh karena itu, saya menyampaikan apresiasi positif kepada Kecamatan Wonosobo, yang mendeklarasikan ODF hari ini sebagai sebuah langkah nyata dalam mewujudkan perubahan perilaku masyarakat, yang sadar akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, serta mampu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Saya harap langkah Kecamatan Wonosobo mampu mentrigger kecamatan-kecamatan lainnya yang belum mendeklarasikan ODF, untuk melakukan percepatan-percepatan upaya mencapai ODF, sehingga selain kualitas kesehatan masyarakat dapat lebih cepat meningkat, target Kabupaten Wonosobo ODF pada bulan September mendatang dapat tercapai,” kata Bupati.

Baca juga :  Kebakaran Rumah Di Balekambang Wonosobo, 1 Tewas Dinihari Tadi

“Deklarasi ODF tidak boleh hanya dimaknai sebatas dimilikinya jamban sehat, namun lebih kepada tercapainya akses dan perilaku masyarakat dalam melakukan sanitasi. Artinya, masyarakat harus teredukasi untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, sehingga kepemilikan sarana sanitasi yang memadai dapat berimplikasi pada derajat kesehatan masyarakat yang meningkat secara komprehensif,” ujar Afif Nurhidayat.

Letkol Inf Helmy menambahkan, ODF akan dapat terwujud dengan adanya komitmen dan upaya bersama, antara pemerintah dan seluruh elemen masyarakat, untuk dapat mewujudkannya secara komprehensif guna mencapai target-target pembangunan. Untuk itu Kodim 0707/Wonosobo siap membantu semaksimal mungkin agar target pada bulan September 2023 seluruh kecamatan sudah bisa mendeklarasikan wilayahnya ODF.

Baca juga :  Merasa Difitnah dan Dicemarkan Nama Baiknya, Karyawan BRI Wonosobo Buat Aduan ke Kepolisian

“Ini merupakan tantangan yang cukup berat bagi kita semua, merubah budaya masyarakat tidak mudah. Akan tetapi kita harus terus bergerak mengajak dan mendorong semua untuk berbuat sesuai ajakan dari pemerintah khususnya Stop BABS,” kata Dandim.

You may also like

Leave a Comment