Home » Koramil 15/Kalibawang Mendampingi Kegiatan Posyandu di Wilayah

Koramil 15/Kalibawang Mendampingi Kegiatan Posyandu di Wilayah

PENDIM 0707/WONOSOBO

by Kodim 0707 Wonosobo
Listen to this article

Wonosobo, satumenitnews.com – Batuud Koramil 15/Kalibawang Kodim 0707/Wonosobo Pelda Niso melaksanakan kegiatan pendampingan kegiatan Posyandu yang ada di wilayah Kalibawang bersama Puskesmas, Kecamatan, PLKB, BPP Mitra Tani serta Kader Posyandu, Kamis (3/8/2023).

“Balita merupakan calon penerus bangsa,  untuk itu harus disiapkan sebaik mungkin khususnya masalah kesehatan.  Balita masih sangat rentan dalam hal kesehatan dan pertumbuhan. Sangat perlu pendampingan yang intensif agar mereka bisa tumbuh dan berkembang sesuai harapan.  Jangan sampai mereka terjadi masalah yang sedang dihadapi oleh pemerintah yaitu stunting,” kata Pelda Niso.

“Permasalahan stunting menjadi permasalahan khususnya di wilayah Wonosobo.  Karena saat ini jumlah anak yang mengalami stunting masih cukup banyak.  Jika ini dibiarkan maka generasi penerus bangsa nantinya akan bermasalah.  Untuk itu Koramil berupaya membantu mengatasi permasalahan stunting melalui kegiatan pendampingan posyandu,” ujarnya lagi.

Baca juga :  PPDI Kabupaten Wonosobo Gemuruhkan Aspirasi ke Jakarta

Banyak manfaat yang bisa diperoleh jika mengikuti kegiatan posyandu bagi para Balita.

Manfaat tersebut antara lain adalah Memantau secara rutin terkait tumbuh kembang anak agar terhindar dari resiko kekurangan gizi.

Memberikan rangkaian imunisasi lengkap seperti hepatitis dan tetanus untuk anak.

Memantau dan mendeteksi jika adanya gangguan atau kelainan pada anak, ibu hamil, dan ibu menyusui.

“Jadi, dapat segera mencari solusi untuk menangani permasalahan ini. Menyediakan jasa konsultasi dan penjelasan, serta edukasi untuk ibu hamil tentang kesehatan ibu dan anak, cara-cara yang harus ibu lakukan untuk menyambut kelahiran anak, penyediaan MPASI, dan lain sebagainya,” terangnya.

Posyandu juga menjadi tempat ibu dan anak dapat mengikuti program imunisasi.

Baca juga :  Jalur Tengkorak Kertek-Parakan Memakan Korban Jiwa Lagi

Dengan mengikuti program imunisasi di posyandu, ibu dan anak dapat mendapatkan vaksin dengan tepat dan sesuai jadwal, sehingga kekebalan tubuh mereka dapat terbentuk dengan baik.

Tempat untuk bertemu dan berinteraksi dengan masyarakat lain.

“Di sini, ibu dapat berbagi pengalaman dengan ibu-ibu lainnya, bertukar informasi, dan saling memberikan dukungan. Anak-anak juga dapat bermain dan belajar bersama sehingga memperluas jaringan sosial mereka sejak dini,” bebernya.

Posyandu juga memberikan penyuluhan kesehatan reproduksi bagi ibu-ibu. Penyuluhan ini mencakup informasi tentang keluarga berencana, kehamilan yang sehat, dan persiapan menyambut kelahiran.

Dengan mendapatkan informasi ini, ibu dapat mengambil keputusan yang tepat untuk kesehatan dan keselamatan ibu dan anak.

Baca juga :  Senderan Roboh Timpa 5 Rumah di Rowopeni

“Dengan begitu banyak manfaat yang didapat jika mengikuti program posyandu, maka para ibu – ibu agar dengan runtin mengajak anaknya ke Posyandu demi kesehatan dan kebaikan semuanya,” pungkasnya.

You may also like

Leave a Comment