Home » Kodim Wonosobo Dukung Pemda Majukan Potensi Wisata Dieng

Kodim Wonosobo Dukung Pemda Majukan Potensi Wisata Dieng

PENDIM 0707/WONOSOBO

by Kodim 0707 Wonosobo
Listen to this article

Wonosobo, satumenitnews.com – Pemda Wonosobo melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menyelenggarakan acara Dieng Detrac Trail Run Series 2023 selama 2 hari (10-11 Juni 2023) bertempat di Taman Syailendra Dieng, sebagai upaya memajukan wisata di Wonosobo salah satunya kawasan Dieng,  (12/6/2023).

Letkol Inf Helmy Dandim 0707/Wonosobo saat melepas peserta acara Dieng Detrac Trail Run Series 2023 menngatakan, kegiatan ini sangat bagus dilaksanakan karena mempunyai banyak manfaat disamping sebagai sarana mencari bibit pelari juga sebagai sarana untuk memajukan potensi wisata khususnya Kawasan Dieng.

“Kita semua sudah tahu bahwa wisata Dieng sudah sangat terkenal hingga luar negeri,  agar ketenaran tersebut bisa terus berkembang dan orang – orang mau berkunjung lagi kesini maka harus ada kegiatan yang menarik, ada perubahan obyek setiap tahunnya.  Jika itu bisa dilaksanakan secara tepat maka Dieng akan semakin maju, masyarakat sekitar tambah sejahtera. Seperti hari ini ada kegiatan acara Dieng Detrac Trail Run Series 2023 itu merupakan acara untuk mengundang para wisatawan agar mereka mau datang.  Kegiatan tersebut harus didukung semua pihak agar bisa sukses.  Untuk itu Kodim 0707/Wonosobo ikut hadir dan mengamankan dengan harapan kegiatan semakin meriah dan aman,” kata Letkol Inf Helmy.

Baca juga :  Tim UNNES GIAT 3 Kenalkan Digitalisasi di SMPN 1 Candiroto

Sementara itu Fatonah Ismail, Kabid Pemasaran Disparbud saat memberikan sambutan panitia penyelenggara  juga mengatakan Kawasan Dieng merupakan destinasi wisata alam di Kabupaten Wonosobo. Dieng menurutnya sudah terkenal akan keindahannya sedari dulu.

“Kawasan ini dianggap sebagai miniatur Chamonix Perancis yang bisa menghadirkan sensasi berlari di atas awan dengan ketinggian 2000 mdpl melalui variasi medan dan keindahan panorama alam. Semoga tahun depan Dieng menjadi Signature event Trail Run berstandar Internasional, sehingga diharapkan Sport Tourism dan pariwisata di Wonosobo dapat berkembang dan turut menggerakkan perekonomian di Indonesia khususnya di Wonosobo,” katanya.

Dalam acara tersebut Tari Lengger Punjen Giyanti Wonosobo dan booth UMKM yang menyediakan makanan khas Wonosobo serta produk ekonomi kreatif Wonosobo ikut memeriahkan event tersebut

Baca juga :  Tempe Kemul Pemersatu TNI - Polri dan Masyarakat di Wonosobo

Acara Trail Run digelar selama dua hari, yakni Sabtu-Minggu, 10-11 Juni 2023.

Kegiatan diikuti oleh 519 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia serta mancanegara seperti dari Spanyol, Belanda, Prancis, Jerman dan Italy.

“Ada lima kategori yang akan dilombakan dalam trail running kali ini, diantaranya jarak 7 KM, 15 KM, 35 KM, 55 KM, dan 75 KM.  Fun run juga diikuti oleh masyarakat sekitar dengan peserta kurang lebih 200. Detrac Dieng Trail Run Series diharapkan menghasilkan atlet-atlet lari trail potensial di Indonesia. Kami mengajak pelari tidak hanya sekedar berlomba, tetapi juga berprestasi dan dapat mewakili Indonesia pada ajang lomba lari trail paling bergengsi di dunia – UTMB World Series 2024 nanti,” pungkas Fatonah.

Baca juga :  Pemkab Wonosobo Gandeng Tokoh Agama Dan Masyarakat Untuk Sukseskan PPKM dan Tekan Covid-19

You may also like

Leave a Comment