Home » Heri Bilang Vaksin PMK untuk Wonosobo Tersedia 1700 Pertahunnya

Heri Bilang Vaksin PMK untuk Wonosobo Tersedia 1700 Pertahunnya

Idul Adha 2024

by Manjie
Listen to this article

Wonosobo, satumenitnews.com – Kepala Bidang Peternakan, Heri Prasetyo ungkap ketersediaan vaksin PMK pertahun 1700 dosis. Hal tersebut dikatakan saat melakkan pemantauan hewan qurban menjelang Hari Raya Idul Adha, Kamis (13/06/2024).

“Dalam data kami tercatat sekitar 50 farm Kambing dan domba. Ini belum terdata untuk peternakan kecil. jumlah populasi kambing dan domba juga terus naik dari tahun ke tahun. Apalagi sekarang ada tren kaum milenial membuka usaha peternakan kambing baik untuk kebutuhan potong maupun perah,” terang Heri.

Menurutnya butuh kerjasama antar peternak dengan dinas agar populasi ternak bisa terpantau mengingat adanya penyebaran penyakit hewan yang juga membahayakan manusia.

Baca juga :  Angkatan Muda Ka'bah Jakarta Barat Berkurban Dua Ekor Sapi dan Seekor Kambing

Heri mengingatkan bahwa dari awal tahun hingga saat ini tercatat ada 91 kasus PMK.

“Ini data 91 kasus yang telah dikonfirmasi dan dilakukan penanganan, saya yakin jumlah yang tidak dilaporkan atau belum terkonfirmasi positif PMK lebih dari jumlah ini,” katanya.

Dari pantauan Dispaperkan populasi kambing di Kabupaten Wonosobo capai 43.000 ekor sedangkan domba dikisaran 22.000 ekor untuk saat ini.

“Jumlah yang ada didata kami sifatnya fluktuatif mengingat adanya rotasi jual beli antar kota dan propinsi. Kami selalu melakukan pengawasan terutama¬† di pasar ternak untuk penanggulanan penyakit hewan ternak. Dari jatah 1700 vaksin dari propinsi kami sedang upayakan bisa ditambah agar pengendalian penyakit bisa lebih efisien,” ujar Heri.

Baca juga :  ODF di Kabupaten Wonosobo Menjadi Tugas Dan Tanggung Jawab Bersama

You may also like

Leave a Comment

error: Content is protected !!