Home » Hadapi Bencana Alam, Pemda Wonosobo Laksanakan Simulasi Kewaspadaan

Hadapi Bencana Alam, Pemda Wonosobo Laksanakan Simulasi Kewaspadaan

by Budilaw 79

WONOSOBO – Pemda Wonosobo melaksanakan kegiatan edukasi dan simulasi untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bencana, baik bencana alam maupun bencana lain di wilayah Kabupaten Wonosobo.

Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. M. Aziz Wijaya, M.Si, menyampaikan, melalui berbagai kegiatan edukasi yang di kemas menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kwaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bencana.

“Edukasi ini untuk peningkatan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana alam atau bencana lainya,” ujarnya, Senin (26/04/21).

Menurutnya, Wonosobo merupakan wilayah dengan kerawanan bencana prosentase tinggi dan beragam. Hal tersebut menjadi perhatian khusus Pemerintah Daerah yang harus dihadapi dengan serius.

“Kita memang harus benar-benar siap apabila itu terjadi, mengingat wilayah Wonosobo merupakan daerah pegunungan yang memiliki kerawanan bencana cukup tinggi dan beragam,” katanya.

Baca juga :  Laka lantas di Prumbanan Wonosobo, Satu Meninggal

Lebih lanjut, melalui simulasi yang dilakukan diharapkan akan menjadi salah satu cara untuk antisipasi adanya bencana dan bagaiman cara mengambil tindakan.

“Simulasi seperti ini sangat penting dan perlu dilakukan sebagai langkah atau tidakan untuk antisipasi. Saya berharap kita semua selalu waspada akan bahaya bencana yang mungkin bisa terjadi kapan saja,”

Sementara itu, Kabag Umum, Drs. Supriyadi, M.M., menambahkan, pelaksaan simulasi dilakukan hampir setiap tahun yang bertujuan untuk mengingatkan kembali para ASN di lingkungan Sekretariat Daerah dan sebagai upaya meningkatkan kesiapsiagaan serta kewaspadaanya.

“Simulasi ini memang sudah kita setting dan untuk mengingatkan agar selalu waspada adanya bencana. Kami berharap dengan adanya simulasi ini mampu memberi pengetahuan dan meningkatkan kewaspadaan masyarakat tentang bahaya bencana alam,” pungkas Drs. Supriyadi. (Budilaw79)

Baca juga :  11 Rumah Warga Rusak Berat Akibat Diterjang Angin Puting Beliung

You may also like

Leave a Comment