Home » Danramil 05/Kejajar Jadi Danup Upacara 17 Agustus

Danramil 05/Kejajar Jadi Danup Upacara 17 Agustus

PENDIM 0707/WONOSOBO

by Kodim 0707 Wonosobo
Listen to this article

Wonosobo, SatumenitNews – Danramil 05/Kejajar Kodim 0707/Wonosobo Kapten Arh Eko Purwanto menjadi Komandan Upacara dalam Upacara Peringatan HUT RI ke 78 tingkat kabupaten Wonosobo bertempat di alun – alun. (17/8/2023)

Pada upacara tersebut bertindak sebagai Inspektur upacara Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat dan Perwira Upacara Letda Inf Dremo dengan peserta upacara dari berbagai kalangan yang ada di Wonosobo. Mulai dari Kodim, Polres, ASN, BUMN BUMD, Ormas, anak sekolah dan Pramuka.

Bupati Wonosobo saat upacara menyampaikan bahwa “Perayaan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia selalu menghadirkan kemeriahan tersendiri, sebagai wujud rasa syukur kita kepada Tuhan semesta alam, yang telah mengizinkan kita untuk meneruskan karsa dan karya para pahlawan kusuma bangsa, dalam mengisi kemerdekaan melalui pembangunan diberbagai bidang, sesuai profesi kita masing-masing.”

Baca juga :  Babinsa Bantu Rehab Rumah Warga Binaannya

Peringatan ini merupakan momentum yang tepat bagi kita untuk bermuhasabah, tidak hanya sebatas melaksanakan upacara seremonial belaka, namun juga mengingatkan sejenak sejauh mana komitmen membangun bangsa kita wujudkan hingga hari ini, apa yang sudah kita upayakan untuk membangun bangsa? Sudah cukupkah pengorbanan yang kita lakukan untuk mewujudkan makna “merdeka”?

Tentunya pembangunan dan perjuangan adalah dua proses yang saling berkaitan serta bersifat never ending, dimana perubahan dan tantangan permasalahan bangsa masih menjadi sebuah keniscayaan yang harus kita hadapi, termasuk dalam menjawab tantangan yang juga terjadi di Wonosobo, dimana masih banyak pekerjaan rumah, diantaranya: kemiskinan, stunting, Anak Tidak Sekolah, perkawinan usia anak, dan sebagainya, yang harus kita entaskan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang hakiki.

Baca juga :  Persit Cabang XXVII Kodim 0707/Wonosobo Terjun Lapangan Dukung Program Penanganan Stunting

Selaras dengan itu, melalui Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78 Tahun 2023 ini, hendaknya mampu kita maknai sebagai pembaharuan semangat perjuangan, sekaligus mengingat kembali keteladanan pada pahlawan kusuma bangsa, yang tanpa ragu bertaruh harta benda, raga, bahkan nyawa, demi meraih kemerdekaan bangsa. Kita harus mampu bercermin pada semangat perjuangan tersebut, khususnya dalam menghadapi derasnya kemajuan teknologi yang juga membawa serta ekses negatif pada nilai dan tatanan sosial.

Jangan sampai kita silau akan derasnya gelombang modernisasi dan globalisasi, yang membawa serta ideologi dan gemerlap budaya bangsa lain, sehingga ideologi bangsa, nilai-nilai dan kearifan bangsa sendiri kita tinggalkan. Hadirin dan Peserta Upacara yang saya hormati, Selaras dengan tema Hari Ulang Tahun ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”, hendaknya seluruh hambatan yang menghadang kita dalam mewujudkan nilai nilai hakiki kemerdekaan, yaitu: memerangi kemiskinan, kebodohan, dan berbagai permasalahan sosial lainnya, dapat kita upayakan bersama.

Baca juga :  Pendim Wonosobo Silaturahmi dengan GM Hotel Front One Harvest

You may also like

Leave a Comment

error: Content is protected !!