Home » Begini Syarat Donor Plasma Konvalesen

Begini Syarat Donor Plasma Konvalesen

by Manjie

WONOSOBO – Ditengah isu menipisnya stok oksigen di berbagai Rumah Sakit, muncul berbagai broadcast permintaan donor plasma konvalesen Covid-19. Broadcast tersebut muncul baik melalui pesan WhatsApp ataupun media sosial lainnya.

Lalu apa sih Donor Plasma itu?

Menurut dr Jaelan, Kabid Pencegahan Penyakit dan pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo, jika seseorang telah sepenuhnya pulih dari Covid-19, dia memiliki peluang membantu pasien Covid-19. Dengan mendonorkan plasmanya kseseorang berpeluang membantu pasien Covid dengan memperkuat anti bodi penderita Covid-19.

Dijelaskan Jaelan, plasma adalah bagian darah yang berwarna kuning dan cair kuning tersebut mengandung antibodi. Dijelaskan bahwa antibodi merupakan protein yang dibuat oleh tubuh sebagai respons terhadap infeksi. Dan plasma konvalesen dari pasien yang telah pulih dari penyakit Covid-19 memiliki kemungkinan mengandung antibodi terhadap Covid-19.

Baca juga :  Fokus Kesehatan, Forum Madani Gelar Audiensi ke DPRD

“Mendonorkan plasma konvalesen berpeluang membantu orang lain melawan penyakit Covid-19 hingga mereka pulih. Untuk kawan-kawan penyintas, kita punya kesempatan menolong saudara-saudara kita yang sedang berjuang untuk segera sembuh. Mari donorkan segera plasma kita,” ajak Jaelan, Selasa (20/07).

Orang yang telah pulih atau dinyatakan negatif sepenuhnya dari Covid-19 bisa mendonorkan plasmanya paling tidak setelah dua minggu dinyatakan sembuh.

Berikut beberapa syarat menjadi donor plasma konvalesen  :

  • Usia 18-60 tahun.
  • Berat badan ≥ 55kg.
  • Diutamakan pria, apabila perempuan belum pernah hamil.
  • Pernah terkonfirmasi Covid-19 dengan surat keterangan sembuh dari dokter yang merawat.
  • Bebas keluhan minimal 14 hari.
  • Tidak menerima transfuse darah selama 6 bulan terakhir.
  • Lebih diutamakan yang pernah mendonorkan darah.
Baca juga :  Stresnya Para Emak Dalam Mengambil Peran Guru Di Era Pandemi

Klik disini >>>   Mendaftar Donor Plasma   <<< Klik disini

“Jadi jangan minder bila terpapar Covid-19, berjuanglah agar cepat sembuh. Covid-19 bukan aib. Setelah sembuh justru memiliki peluang untuk meraup pahala dengan menolong sesama,” ujar Jaelan. (manjie/e1)

Bagikan link jika peduli….

 

 

You may also like

Leave a Comment