Arboretum Kalianget
Home » Arboretum Kalianget Miliki Potensi Wisata Berbasis Eduwisata

Arboretum Kalianget Miliki Potensi Wisata Berbasis Eduwisata

by Tri Laksono Adi Prabowo

[WONOSOBO, SATUMENITNEWS.COM] – Kawasan Arboretum Kalianget miliki potensi yang menjanjikan sebagai daya tarik wisata berbasis eduwisata.

Potensi tersebut tergambar dari kumpulan tumbuhan yang secara eksklusif terdiri dari berbagai tanaman-tanaman dari berbagai spesies ang langka dan tumbuh subur pada kawasan bumi perkemahan Taman Rekreasi Kalianget.

Dengan potensi tersebut pada Kamis (12/01/2023) Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat meluncurkan Arboretum Kalianget menjadi sebuah produk wisata yang tak kalah menarik.

“Hari ini Arboretum Kalianget diluncurkan, kita melihat bersama bagaimana perkembangannya selama empat triwulan ke depan, saya tekankan yang terpenting keberlanjutannya (sustainable) seperti apa,” terang Afif, di Arboretum Kalianget.

Kedepan Afif berharap ODP terkait untuk selalu menambah koleksi khususnya tanaman anggrek sebagai salah satu tanaman konservasi yang bermanfaat bagi lingkungan.

Baca juga :  Hari Sumpah Pemuda ke-94 Dihiasi 28 Balon yang Mengudara di Langit Wonosobo

Rencananya kawasan Arboretum Kalianget sendiri akan dikemas sebagai eduwisata yang akan ditujukan kepada anak-anak sekolah baik di Wonosobo maupun di luar Wonosobo.

Wakil Bupati Wonosobo, Muhammad Albar berujar kawasan Arboretum diharapkan dapat dinikmati oleh semua kalangan dan dapat bermanfaat bagi lingkungan.

“Saya minta Arboretum Kalianget ini menjadi wahana wisata yang menyenangkan dan ramah bagi semua orang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Wonosobo, Endang Listyaningsih menerangkan jika Arboretum Kalinget sudah dibangun sejak tahun 2017 lalu.

Didukung dengan pemandangan yang indah kawasan tersebut juga dapat dijadikan spot untuk melakukan aktivitas penelitian dan pendidikan yang dapat menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Wonosobo.

Baca juga :  Festival Sindoro Sumbing 2021 Virtual

“Sampai saat ini tiket masuk ke kawasan tersebut belum masuk retribusi, artinya masih masuk tiket Wisata Kalianget sebesar tiga ribu rupiah,” tambahnya.

Badan Promosi pariwisata Oemah Wisata, Nugroho Berujar jika kawasan arboretum tersebut dapat menjadi kegiatan outbound dan wahana pengenalan lingkungan alam yang menjanjikan.

“Selama ini, banyak orang yang masih bingung mencari tempat outbond di Wonosobo, saya harap wahana ini dapat dibuka selama 24 jam,” ujar Nugroho. ***

You may also like

Leave a Comment