Home » TMMD Sengkuyung Kodim 0707/Wonosobo Ingatkan Kearifan Lokal Membakar Singkong

TMMD Sengkuyung Kodim 0707/Wonosobo Ingatkan Kearifan Lokal Membakar Singkong

PENDIM 0707/WONOSOBO

by Kodim 0707 Wonosobo
Listen to this article

Program TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0707/Wonosobo tahun 2023 masih terus berlangsung. Program demi program masih terus berjalan seperti pada sasaran pengerasan jalan saat ini sudah mencapai 80 %.  Pada saat menguruk tanah setelah pekerjaan senderan selesai ada kegiatan yang sedikit unik yaitu Babinsa Serda Anang mengajak beberapa warga membakar singkong dan talas. (31/7/2023)

Seiring dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat aktivitas membakar singkong di sawah atau ladang untuk sekedar mengganjal perut saat ini sudah jarang dilakukan orang.  Hal ini menggugah Serda Anang saat istirahat melaksanakan pengerasan jalan TMMD melihat banyak ranting dan pohon singkong tergerak untuk membakar singkong sekedar mengisi perut.

Baca juga :  Rakor Pengawasan Orang Asing Demi Ciptakan Wonosobo yang Kondusif

“Membakar singkong dan talas atau kegiatan berburu dalam ilmu militer diajarkan sebagai bekal ilmu jika kita saat berada di  hutan dan kebetulan tidak ada makanan. Itu juga mengingatkan saat dulu sebelum masuk menjadi anggota TNI juga sering melakukan hal ini,” kata Serda Anang.

Hanya bedanya saat ini membakar singkong dan talas hanya sekedar sarana untuk menghilangkan kepenatan dari capeknya setelah memindahkan tanah untuk pengurukan yang nantinya bisa dipasangi batu.

Slamet salah satu warga Dusun Bululawang Desa Deroduwur yang ikut kerja gotong royong TMMD merasa heran dan tidak mengira ternyata TNI bisa membakar singkong dan talas.

“TNI ternyata manusia yang serba bisa. Mereka mahir perang, bisa membuat jalan dan senderan. Bisa merehab rumah dan masih banyak lagi keahlian yang dimilikinya. Seperti saat ini ternyata mereka lincah juga membuat api untuk membakar singkong dan talas.  Dan mereka juga tidak canggung makan bersama hasil yang telah matang” kata Slamet.

Baca juga :  Sebagai Wujud Penghormatan, Kodim Wonosobo Gelar Upacara Pemakaman Militer

Ini menjadi acara yang menyenangkan sekali bagi masyarakat di desa. Ternyata TNI begitu dekat dengan rakyat, mereka membaur dan bisa membuat acara yang menghibur sekaligus mengenyangkan, pungkasnya.

You may also like

Leave a Comment