Home » TMMD Sengkuyung II Selesai, Semua Program Berhasil Dikerjakan

TMMD Sengkuyung II Selesai, Semua Program Berhasil Dikerjakan

PENDIM 0707/WONOSOBO

by Kodim 0707 Wonosobo
Listen to this article

Wonosobo, SatumenitNews – TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2023 Kodim 0707/Wonosobo di Desa Deroduwur secara resmi ditutup oleh Komandan Kodim Letkol Inf Helmy dengan ditandai pemukulan gong dengan disaksikan Forkopimda, Forkopimca Mojotengah dan masyarakat. (10/8/2023)

Sasaran utama yang dikerjakan dalam TMMD kali ini adalah membuat jalan yang menghubungkan Dusun Bululawang, Desa Deroduwur, Kecamatan Mojotengah menuju Dusun Kalitelu, Desa Lumajang, Kecamatan Watumalang sepanjang 1.250 meter lebar 3 meter. Pengerjaan senderan 3 tempat, pembuatan gorong-gorong, RTLH 3 unit rumah serta berbagai macam penyuluhan.

“Program TMMD adalah merupakan salah satu program bakti TNI guna mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat. Program TMMD yang mulai dilaksanakan sejak tahun 1980-an dimana dulunya dikenal dengan sebutan program ABRI Masuk Desa (AMD) yang manfaatnya sangat dirasakan bagi masyarakat khususnya bagi yang tinggal di daerah pedesaan. Selanjutnya tujuan secara umum diselenggarakannya TMMD ini adalah untuk membantu program pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur serta penanganan permasalahan sosial masyarakat di wilayah terpencil, terpelosok, dan kawasan perbatasan.

Baca juga :  Kholik Idris Ikuti Kegiatan Donor Darah di Desa Talunombo

TMMD tahun 2023 kali ini  mengangkat tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat”. Tema ini mengandung makna bahwa TNI bersama dengan pemerintah daerah, Polri, dan masyarakat secara bersama-sama melaksanakan proses percepatan pembangunan fasilitas umum dan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota TNI, Polri, Pemda, dan masyarakat, yang telah bekerja secara maksimal sehingga sasaran fisik TMMD yang berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur diantaranya pengecoran jalan, rehab pos kamling, mushola, jambanisasi, pembuatan pintu air, sumur galian, dan saluran tersier, serta rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dapat diselesaikan tepat waktu.

Baca juga :  Koramil 05/Kejajar Bersihkan Material Longsor di Jalan Raya Dieng

“Pencapaian sasaran fisik tersebut juga diimbangi dengan pencapaian hasil pada sasaran non fisik yang berupa penyuluhan beberapa materi, seperti kesadaran bela negara, penyuluhan hukum dan Kamtibmas, kesehatan, pertanian, pendidikan, wasbang, narkoba, keagamaan, KB kesehatan, lingkungan hidup, pengetahuan kemandirian pengelolaan SDM dan SDA, pelayanan publik dan kependudukan, ketahanan pangan, penanganan stunting, posyandu, posbindu penyakit tidak menular (PTM), UMKM, dan kegiatan bakti sosial seluruh sasaran di atas dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.” Pungkas Dandim.

You may also like

Leave a Comment