Tips Aman Berkendara di Musim Hujan
Home » Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

by Tri Laksono Adi Prabowo

Satumenitnews.com – Tips aman berkendara di musim hujan sangat penting untuk dilakukan semua pengendara.

Namun kenyataanya masih banyak para pengendara yang menganggap sepele persoalan tersebut.

Padahal aman berkendara di musim hujan penting sebagai langkah antisipasi yang berhubungan dengan keselamatan.

lalu timbul pertanyaan, apa tips aman berkendara di musim hujan? daripada bingung langsung simak tips di bawah.

Periksa Lampu

Baik sepeda motor ataupun mobil wajib hukumnya untuk memeriksa lampu. Dalam keadaan visibilitas yang terbatas lampu menjadi indikator vital. Adapun bagian lampu yang perlu diperiksa yakni head lamp baik jarak dekat atau jauh, lampu sign (sen) dan lampu hazard.

Jaga Jarak Aman

Berkendara dalam keadaan hujan lebat apalagi terjadi pada malam hari dan jalanan rusak, jaga jarak aman sangat direkomendasikan. Pastikan tunggu mobil di depan hingga di luar jarak pandangan pengemudi atau biarkan menjauh dengan jeda waktu sekira 6 detik.

Baca juga :  Baterai Mobil Listrik Ekonomis Tanpa Lithium Dikembangkan Universitas Pertamina

Tekanan Angin Ban

Ban merupakan salah satu komponen yang amat penting dalam sebuah kendaraan. Apalagi ban merupakan komponen yang langsung bergesekan dengan permukaan jalan. Apabila tekanan angin ban tidak sesuai dengan standar, maka laju kendaraan tidak akan stabil dan pastinya akan berbahaya.

Cek Karet Wiper

Pengelihatan pasti akan terganggu ketika hujan ekstrim melanda. Wiper sebagai komponen penting bertugas membersihan guyuran air pada kaca depan khususnya.

Namun, kinerja wiper sangat penting dengan adanya karet yang masih prima. Apabila wiper bekerja dalam gerakan yang tidak lancar atau suara berisik, bisa jadi karet wiper kendaraan suda saatnya diganti.

Cek Washer Wiper

Debu atau bahkan tanah ketika dalam kondisi hujan pasti akan menempel pada kaca depan. Air pada wiper atau sering di sebut washer sangat vital untuk membersihkan kotoran tersebut agar visibilitas terus terjaga.

Baca juga :  Senderan Roboh Timpa 5 Rumah di Rowopeni

Nyalakkan Defogger

Pernahkan melihat garis-garis yang melintang pada kaca mobil? yap garis tersebut dinamakan defogger atau pemanas kaca.

Umumnya digunakan ketika kaca mengalami pengembunan. Pengembunan terjadi ketika udara di luar lebih dingin daripada di dalam.

Pengembunan juga dapat menyebabkan pengelihatan terganggu, sehingga defogger menjadi hal yang harus digunakan.

Hindari Aquaplanning

Sebagai informasi Aquaplanning yakni kondisi di mana ban kendaraan kehilangan daya cengkram saat melintasi jalan degan genangan air.

Selain kehilangan daya cengkram, melintasi jalanan dengan genangan air juga berbahaya mengingat kita tidak tahu apakah terdapat lubang ataupun tidak.

Seyogyanya, sebagai pengendara dengan prioritas keselamatan perlu untuk menghindari genangan air. Selalu prioritaskan Tips Aman Berkendara di Musim Hujan ***

Gambar: Pixabay.com/Roman Grac

You may also like

Leave a Comment