6 Tips Memilih Jas Hujan yang Tepat dan Awet
Home » 6 Tips Memilih Jas Hujan yang Tepat dan Awet

6 Tips Memilih Jas Hujan yang Tepat dan Awet

by Tri Laksono Adi Prabowo

Satumenitnews.com – Di tengah cuaca ekstim yang selalu melanda akhir-akhir ini, kebutuhan akan jas hujan menjadi sebuah kewajiban.

Pastikan ketika berpergian, bagi para pengendara motor telah menyiapkan jas hujan sebagai teman perjalanan.

Apalagi sekarang ini hujan bisa saja datang kapanpun tanpa aba-aba dan pemberitahuan lebih dahulu.

Pastinya tidak mau kan basah kuyub terkena dinginnya guyuran air hujan.

Tapi bagi para pengendara yang mempunyai jas hujan pun terkadang masih banyak tembus basah ke pakaian. Hal tersebut terjadi karena kesalahan memilih jas hujan yang tepat dan awet.

Lantas bagaimana sebenarnya cara memilih jas hujan yang tepat dan awet? simak 6 tips memiih jas hujan yang tepat dan awet berikut.

Baca juga :  Cara Membeli Mobil Bekas yang Wajib Diketahui

Pilih yang Nyaman Digunakan

Memilih jas hujan tidak hanya dilihat dari motif dan modelnya saja, namun juga dari segi kenyamanan. Pilihlah jas hujan yang sesuai dengan ukuran badan. Memilih jas hujan terlalu besar menjadikan sebagian terlipat, atau jika apes bisa saja terlilit roda ataupun rantai. Jika terlalu kecil juga dapat mengurangi kenyamanan akibat keterbatasan ruang gerak selama berkendara.

Hindari Model Ponco

Model jas hujan tipe ponco perlu dihindari mengingat berbentuk jubah yang dapat menjuntai. Selain dapat berpotensi menyangkut di roda ataupun rantai juga dapat menganggu pengelihatan pengendara lain saat ‘si ponco’ mengembang terhempas angin.

Perhatikan Penjahitan

Perhatikan metode penjahitan khususnya terkait sambungan pada detail jas hujan. Jahitan yang terlalu detail pada setiap bagian akan menjadi jalan masuknya air hujan melalui sela-sela jahitan. Direkomendasikan untuk memilih jas hujan yang penyambungan antar bagiannya menggunakan proses pres. Hal tersebut bertujuan guna mengurangi pakaian basah akibat rembesnya air hujan yang mengguyur.

Baca juga :  Hati Hati Modif Kendaraan Bermotor, Salah-Salah Bisa Terancam Hukum Pidana

Perhatikan Resleting

Resleting juga menjadi unsur yang perlu diperhatikan demi awetnya jas hujan. Jangan pilih jas hujan dengan material plastik ataupun besi. Bahan plastik mudah rusak sedangkan besi mudah berkarat. Sebaiknya pilihlah resleting berbahan kuningan atau tembaga yang dinilai lebih kuat dan awet tentunya.

Perhatikan Kualitas

Jas hujan berbahan parasut tidak nyaman digunakan, selain panas juga dari segi keawetan sangat rentan sobek. Begitupula dengan bahan plastik yang sangat cepat sobek.
Berbeda halnya dengan bahan coating glossy (PVC) yang dinilai lebih nyaman digunakan serta awet

Pilih dengan Warna Terang

Pemilihan warna jas hujan sangat berkaitan erat dengan keselamatan pengendara. Apalagi jika berkendara dengan visibilitas terbatas seperti saat malam hari atau kondisi hujan lebat.

Baca juga :  Pakai Ban Botak di Musim Hujan, Simak Bahayanya

Warna terang seperti merah, hijau, dan kuning menyala lebih mudah terlihat pengendara lain, apalagi jika dilengkapi reflector pada bagian-bagian tertentu. Di atas merupakan 6 tips memilih jas hujan yang tepat dan awet yang perlu diketahui. ***

Gambar: Pixabay.com/suky6661

 

You may also like

Leave a Comment