Home » Ratusan Personil Kodim Wonosobo Ikut Test Kesemaptaan Jasmani Periode II

Ratusan Personil Kodim Wonosobo Ikut Test Kesemaptaan Jasmani Periode II

PENDIM 0707/WONOSOBO

by Kodim 0707 Wonosobo
Listen to this article

Wonosobo, SatumenitNews – Kodim 0707/Wonosobo melaksanakan tes kesamaptaan jasmani Periode II tahun anggaran 2023 yang diikuti seluruh anggota baik militer maupun PNS bertempat di Stadion Kalianget selama 2 hari. (5/9/2023)

Sebelum melaksanakan kegiatan Garjas diawali dengan pengecekan personil yang akan melaksanakan tes samapta, dilanjutkan pemeriksaan tahap awal kesehatan untuk mengukur tensi dan denyut nadi bagi para peserta oleh petugas Kesehatan dari Klinik Pratama Kartika Kodim 0707/Wonosobo serta prosedur lainnya yang sesuai petunjuk pelaksanaan kesamaptaan jasmani yang dikeluarkan oleh Pusjaspermildas TNI.

Pelaksanaan tes kesegaran diawasi oleh tim Binjasmil Korem 072/Pmk. Pelaksanaan samapta tersebut meliputi tes kesegaran “A” yaitu lari selama 12 menit dan tes kesegaran “B” yaitu: pull up, sit up, push up, Long Nges, shuttle run dan renang dasar 50 meter.

Baca juga :  Ganjar Disambut Meriah di Acara Kelulusan Pelajar Yayasan As Sahro Kepil

Kapten Inf Iwan Nafarin selaku perwira koordinator saat mengambil apel menyampaikan kegiatan tes kesamaptaan jasmani ini dilaksanakan sesuai program kerja yang telah direncanakan dengan harapan untuk dapat mengetahui kemampuan fisik anggota.

“Tes kesamamptaan jasmani merupakan salah satu program yang sudah dibuat oleh satuan atas. Sebagai sarana untuk mengetahui kemampuan fisik anggota. Sehingga apabila suatu saat diterjunkan dalam sebuah operasi maka sudah terbaca kemampuan fisiknya.” Kata Kapten Inf Iwan Nafarin.

Sementera itu Kapten Inf Suwito selaku Wasev dari Korem 072/Pamungkas menyampaikan kegiatan tes kesamaptaan jasmani periodik ini merupakan program yang harus dilaksanakan oleh setiap Prajurit TNI, kemampuan jasmani yang baik mutlak harus dimiliki oleh setiap Prajurit, kegiatan ini bertujuan untuk membina dan meningkatkan kemampuan seluruh prajurit guna menunjang pelaksanaan tugas pokok TNI.

Baca juga :  Warga Muktisari Ditemukan Meninggal di Aliran Sungi Lukulo oleh Pencari Ikan

Oleh karena itu setiap saat ada kesempatan manfaatkan waktu yang ada dan laksanakan pembinaan fisik tersebut sesuai program secara teratur, kepada Prajurit yang akan melaksanakan tes Garjas Periodik ini agar dalam pelaksanaan dilaksanakan dengan serius dan sungguh-sungguh dan berhati-hati,

“Kesemaptaan Jasmani ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik prajurit sekaligus mengukur kemampuan Garjas seorang Prajurit secara berkala. Walaupun dalam pelaksanaan ini dinilai, kepada semua peserta agar tetap memperhatikan kemampuan individu. Keselamatan merupakan hal  yang utama.  Untuk itu jika dalam pelaksanaannya ada masalah maka segera melaporkan kepada petugas guna menghindari hal – hal yang tidak diinginkan,” ujar Kapten Inf  Suwito.

You may also like

Leave a Comment