Home » Prokes Ketat, Kader Kesehatan Posyandu di Puskesmas Wergu Wetan Jalani Vaksinasi

Prokes Ketat, Kader Kesehatan Posyandu di Puskesmas Wergu Wetan Jalani Vaksinasi

by Rahayu

KUDUS – Kader kesehatan posyandu di delapan desa wilayah kerja Puskesmas Wergu Wetan, Kecamatan Kota, Kudus, melaksanakan vaksinasi yang kedua. Pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Wergu Wetan ini berjalan dengan kondusif dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Prokes Ketat, Kader Kesehatan Posyandu di Puskesmas Wergu Wetan Jalani Vaksinasi

Kader Kesehatan Posyandu di Desa Wergu Wetan Siti Chotimah menunjukkan kartu
vaksinasi

Adapun 8 wilayah desa/kelurahan sasarannya, antara lain, Kelurahan Wergu Kulon, Kelurahan Wergu Wetan, Kelurahan Mlati Kidul, Kelurahan Panjunan, Desa Nganguk, Desa Demaan, DesaKramat, dan Desa Mlati Lor.

Salah satu Kader Kesehatan Posyandu di Desa Wergu Wetan, Siti Chotimah, mengaku lega setelah disuntik vaksin kedua ini. Dirinya berharap, usai penyuntikan ini kader-kader kesehatan bisa lebih maksimal dalam melayani masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga :  Lubang Semakin Lebar, Akses Dua Kecamatan Terancam Putus

“Harapannya, semua orang bisa tervaksin dan sehat semua. Sehingga bisa beraktivitas seperti dulu,” kata Chotimah di Puskesmas Wergu Wetan usai jalani vaksinasi, Rabu (7/4/2021).

Kepala Kelurahan Wergu Wetan Agus Supriyanto menyampaikan, vaksinasi kedua oleh para kader kesehatan posyandu ini memang perlu dilakukan. Pasalnya, kader posyandu juga sangat dekat kaitannya dengan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan.

Pihaknya juga mengapresiasi partisipasi para kader kesehatan posyandu dalam pelaksanaan vaksinasi tahap kedua ini. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme mereka dalam mendaftar setelah diberikan informasi akan adanya penyuntikan vaksin.

“Tapi dari puskesmas kan ada kuotanya, jadi belum semua kader bisa divaksin. Di Desa Wergu Wetan untuk vaksinasi tahap kedua ini ada 15 kader,” ujarnya.

Baca juga :  PPNI Kudus Bangun Gedung Nursing Center Baru

Agus mengaku selalu melakukan koordinasi dengn Tim PKK Desa Wergu Wetan beserta kader-kader kesehatan terkait hal apapun mengenai penanganan Covid-19, termasuk dalam pelaksanaan vaksinasi ini.

“Semua saya koordinasikan kembali ke PKK dan Kader Kesehatan, sehingga bisa berjalan beriringan dan sukses ke belakangnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Wergu Wetan Titi Ampertina, membenarkan adanya kegiatan vaksinasi kedua dengan sasaran para kader kesehatan posyandu di 8 desa/kelurahan wilayah kerjanya. Setiap wilayah diberi jatah rata-rata 15 kader untuk mendapatkan suntikan vaksin.

“Alhamdulillah berjalan dengan lancar kegiatannya dari awal kegiatan vaksin pertama hingga vaksin kedua hari ini,” katanya.

Sejauh ini, para penerima suntikan vaksin covid-19 tidak menyatakan keluhan yang berarti pasca disuntik. Kejadian Ikutan Pasca Vaksinasi (KIPI) cenderung ringan, berupa pusing dan lemas.

Baca juga :  Dua Pejabat Polres Wonosobo Resmi Berganti

“Kasus positif bagi yang sudah divaksin juga masih nihil,” pungkasnya. (yk/e2)

You may also like

Leave a Comment