Pilkades Serentak Wonosobo 2022
Home » Afif Nurhidayat: Saya Minta Pilkades Serentak Wonosobo 2022 Bebas Money Politic

Afif Nurhidayat: Saya Minta Pilkades Serentak Wonosobo 2022 Bebas Money Politic

Pilkades Serentak Wonosobo 2022

by Tri Laksono Adi Prabowo

Wonosobo, satumenitnews.com – Tak lama lagi, pesta demokrasi melalui Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Wonosobo 2022 bakal digelar serentak di 30 desa yang tersebar di 14 Kecamatan.

Rencananya, Pilkades Serentak Wonosobo 2022 bakal digelar pada Rabu (26/10/2022) mendatang. Menanggapi hal tersebut, Pemkab Wonosobo terus melakukan upaya pembenahan dan persiapan matang.

Pada sesi Rapat Koordinasi Camat Se-Kabupaten Wonosobo di Pendopo Selatan, Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat meminta agar jalannya Pilkades Serentak Wonosobo 2022 di gelar secara aman, nyaman, demokratis dan terbebas dari money politic.

“Saya minta, Pilkades 26 Oktober 2022 bebas dari adanya money politic, ini untuk mewujudkan pesta demokrasi yang aman, nyaman, dan demokratis,” tegas Afif, pada Jumat (23/9/2022) kemarin.

Baca juga :  Bappeda Canangkan Peningkatan Capaian Kinerja Melalui Klinik Perencanaan

Tak hanya bicara teori, Afif mengakui memiliki pengalaman pada pemilihan sebelumnya. Ia juga menekankan berbagai aspek penting untuk dijadikan modal berharga demi kesuksesan jalannya Pilkades 2022.

Sambungnya, Afif meminta kepada bakal calon Kepala Desa untuk mau mempersiapkan diri sebaik-baiknya, utamanya agar mau mendalami ilmu pemerintahan dan pengetahuan vital lainnya.

“Belajar dan pelajari ilmu pemerintahan secara mendalam serta pengetahuan lainnya yang diujikan nanti,” ucap Afif.

Saat ini, tercatat terdapat 3 desa yang memiliki bakal calon lebih dari 5 orang. Adapun 3 desa tersebut yakni Desa Beran Kepil sebanyak 11 orang, Jolontoro 10 orang dan Gumawang Kidul Watumalang 7 orang.

Menanggapi persoalan tersebut, Afif berharap agar panitia pelaksana mau melakukan seleksi tambahan berbasis pengalaman bekerja, utamanya fokus pada lembaga kemasyarakatan, tingkat pendidikan dan pengabdian.

Baca juga :  Sukes Turunkan Stunting, Desa Tlogomulyo Patut Jadi Percontohan

Demi menciptakan iklim dan situasi yang kondusif, Camat beserta Forkompinca terkait turut berperan secara aktif terkhusus pada desa yang memiliki potensi eskalasi tinggi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Wonosobo, One Andang Wardoyo berharap agar tiap persiapan Pilkades serentar bener-benar dipersiapkan secara matang dan bebas permasalahan potensi besar.

“Saya berharap, persiapan Pilkades Serentak ini benar-benar matang, tidak ada permasalahan serius di lapangan,” pungkasnya.

Berdasarkan pemaparan oleh Dinsos PMD Kabupaten Wonosobo, seleksi tambahan bakal dihelat pada Rabu (28/9/2022) mendatang.

Sedangkan ujian tertulis bakal diselenggarakan pada Rabu (5/10/2022) mendatang di Gedung BLK Disnakertrans Wonosobo.

You may also like

Leave a Comment