Home » Peternakan Sertu Sugito Babinsa Koramil 07/Kalikajar di Tinjau Dandim Wonosobo

Peternakan Sertu Sugito Babinsa Koramil 07/Kalikajar di Tinjau Dandim Wonosobo

PENDIM 0707/WONOSOBO

by Kodim 0707 Wonosobo
Listen to this article

Wonosobo, SatumenitNews – Sertu Sugito Babinsa Koramil 07/Kalikajar Kodim 0707/Wonosobo mempunyai usaha sampingan berupa perikanan dan peternakan. Dalam kesempatan tersebut  Dandim Letkol Inf Helmy didampingi Danramil Kapten Arm Listiyono meninjau langsung peternakan tersebut yang beralamatkan di Desa Maduretno. (28/2/2024)

Dalam peninjauan tersebut sangat mengapresiasi atas kerja keras Sertu Sugito yang telah membuat peternakan mulai dari sapi dan kambing serta perikanan jenis ikan nila dan koi.

“Saya sebagai Dandim merasa bangga, apa yang dilakukan beliau ini luar biasa dan laik dicontoh, sesuai dengan tugas beliau ini sangat aplikatif dalam dimensi teritorial, secara tidak langsung ikut membuka pikiran masyarakat memajukan perekonomian masyarakat dengan beternak sapi, kambing maupun perikanan sebagai salah satu upaya mendukung ketahanan pangan,” ucap Letkol Inf Helmy.

Baca juga :  Dandim 0707/Wonosobo Secara Resmi Menutup Program TMMD Di Desa Damarkasiyan

Menurutnya, pembangunan itu tidak hanya menyentuh prasarana fisik, tetapi lebih utama adalah pemberdayaan yang muaranya adalah peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan lahan secara maksimal.

“Untuk  itu kepada para anggota TNI khususnya Babinsa Kodim 0707/Wonosobo diharapkan mempunyai satu keahlian untuk meningkatkan perekonomian keluarga dan juga sebagai sarana komunikasi sosial saat berada di wilayah binaannya. Seperti yang dilakukan oleh Sertu Sugito” kata Dandim.

Sertu Sugito mengungkapkan, beternak sapi, kambing dan ikan pada awalnya bukanlah hobi atau memiliki pengetahuan saja. Akan tetapi melihat lahan yang dimilikinya membuat tergerak untuk segera mengolah yang sekiranya bisa menambah perekonomian keluarga.

“Usaha yang dilakukan saat ini pada awalnya hanya prihatin memiliki lahan akan tetapi hasilnya kurang memuaskan. Setelah berkonsultasi dan belajar dari berbagai pihak serta masukan dari keluarga akhirnya memulai usaha beternak sapi, kambing dan ikan” kata Sertu Sugito.

Baca juga :  Serius Garap Informasi Publik, Desa Sumberdalem Bentuk PPID

Untuk sapi bersifat penggemukan saja dengan jenis Limosin, simental dan lokal, sedangkan kambing adalah jenis Dombos ( Domba Wonosobo) sedangkan untuk ikan jenis nila dan koi. Yang terpenting dalam usaha adalah tidak takut capek, dan teruslah belajar karena perkembangan teknologi pertanian terus berkembang sehingga apabila ada kendala bisa cepat mengatasinya, pungkasnya.

You may also like

Leave a Comment

error: Content is protected !!