Home » Pemda Wonosobo Siap Mensukseskan Pelaksanaan Pemilu 2024

Pemda Wonosobo Siap Mensukseskan Pelaksanaan Pemilu 2024

PENDIM 0707/WONOSOBO

by Kodim 0707 Wonosobo
Listen to this article

Wonosobo, SatumenitNews – Sebagai bentuk kesiapan Pemda Wonosobo mensukseskan pelaksanaan Pemilu tahun 2024 adalah menyelenggarakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024 bertempat di alun-alun dengan pimpinan apel Bupati Afif Nurhidayat didampingi Dandim 0707/Wonosobo Letkol Inf Helmy serta Kapolres AKBP Eko Novan Prasetyopuspito. (20/10/2023)

Saat apel Bupati menyampaikan bahwa “Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun Sarpras Operasi Mantap Brata 2023-2024, sehingga Pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar”.

Berdasarkan Indeks Kerawanan Pemilu Bawaslu, terdapat 5 provinsi dan 85 kabupaten/kota berkategori kerawanan tinggi, serta berdasarkan Indeks Kerawanan Pemilu Tahap III POLRI terdapat 2 provinsi dan 1 kabupaten/kota berkategori sangat rawan. Bagi wilayah yang tergolong kerawanan tinggi dan sangat rawan, segera lakukan langkah antisipasi. Sedangkan bagi wilayah lainnya, jangan underestimate dengan tetap mempersiapkan pengamanan sebaik mungkin.

Baca juga :  Hari Jadi Wonosobo Sebagai Wahana Bertemunya Pejabat dan Rakyat

Terus lakukan mapping potensi konflik sosial secara detail di wilayahnya masing-masing, dan selesaikan potensi konflik tersebut hingga ke akar masalah. Apabila terdapat konflik yang sudah mengganggu stabilitas Kamtibmas, maka pastikan penggunaan kekuatan dilakukan secara tepat sesuai SOP, dengan memegang teguh asas proporsionalitas, legalitas, akuntabilitas serta nesesitas.

Khusus terkait bencana alam, koordinasikan dengan TNI, BNPB, BMKG, Basarnas dan stakeholder lainnya guna memetakan daerah rawan, sehingga bencana dapat dimitigasi. Siapkan pula rencana antisipasi bekerjasama dengan penyelenggara Pemilu, apabila nantinya terdapat situasi bencana alam di suatu daerah, seperti contohnya mempersiapkan fasilitas pencoblosan di lokasi pengungsian.

Terorisme juga harus menjadi perhatian serius. Pada penyelenggaraan Pemilu 2019 terdapat 6 aksi serangan teror, dan ini tidak boleh terjadi di Pemilu 2024. Terlebih saat ini perang antara Hamas dengan Militer Israel sedang bereskalasi, dimana hal ini dapat berdampak terhadap situasi di Indonesia.  Optimalkan preventive strike agar pelaku teror berhasil ditangkap sebelum melancarkan aksinya, sehingga kita bisa memastikan tidak ada letupan sekecil apapun pada Pemilu 2024.

Baca juga :  LDK SMP N 1 Sukoharjo, Tanamkan Sifat Korsa

Setelah apel selesai dilanjutkan pengecekan sarana dan prasarana penunjang Pemilu, saat pengecekan tersebut Dandim mengingatkan kepada semua komponen bangsa untuk bersama – sama dalam perhelatan ini. Karena tanpa dukungan semua pihak mustahil bisa berjalan dengan aman dan damai.

“Kabupaten Wonosobo masuk daerah suhu pendek,  ini menjadi perhatian kita semua khususnya aparat keamanan untuk bekerja lebih ekstra. Untuk itu mari kita semua bersama – sama menciptakan Wonosobo yang sudah kondusif ini tetap aman dan damai selama proses Pemilu,”  pungkas Letkol Inf Helmy.

You may also like

Leave a Comment