Home » Nyawiji Menjadi Kata Kunci Keberhasilan Pembangunan

Nyawiji Menjadi Kata Kunci Keberhasilan Pembangunan

by Herman
Listen to this article

 

Wonosobo, satumenitnews.com – Untuk menggairahkan kembali sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) maupun para pelaku kesenian/budaya, Pemerintah Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo, melaunching event Garung Keren Nyawiji, Minggu (28/1/2024) di Taman Garung Keren.

Dalam sambutan arahanya Bupati Wonosobo Afif Nurhidyat menegaskan, untuk membangun Indonesia secara umum dan khususnya Kabupaten Wonosobo saat ini dibutuhkan kerja sama yang baik dan dukungan dari semua pihak yang harus bergerak bersama-sama.

‚ÄúPembangunan tidak akan tercapai jika sendirian, tapi butuh kerja sama yang baik dan dukungan semua pihak agar pembangunan khususnya di Wonosobo berhasil dan bermanfaat menyejahterakan masyarakat. Maka nyawiji ini adalah kata kuncinya”, jelas Afif.

Baca juga :  Daftar Calon Sementara Partai GERINDRA Dapil 2 Wonosobo

Afif berharap, penyelenggaraan Event Garung Keren Nyawiji akan menimbulkan dampak positif bagi para pelaku UMKM maupun pelaku seni. Selain itu, juga dapat melestarikan warisan budaya lokal sambil memberikan peluang ekonomi kepada masyarakat setempat.

“Harapannya tentu event ini bisa meningkatkan motivasi para pelaku seni/budaya untuk terus memelihara dan melestarikan seni/budaya bangsa serta menumbuhkan kembangkan UMKM di wilayah Kecamatan Garung,” harapnya.

Event serupa, diminta Afif tak hanya digelar di Garung, tapi juga diadakan di kecamatan lain di Kabupaten Wonosobo. Sehingga, kesenian dan UMKM lokal bisa dikenal oleh wisatawan luas.

“Dengan adanya event ini, Kecamatan Garung akan semakin dikenal sebagai daerah wisata oleh masyarakat dan wisatawan, sehingga semakin menguatkan branding Wonosobo The Soul of Java,” tandasnya.

Baca juga :  Pemkab Wonosobo Luncurkan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko untuk Dorong Investasi

Sementara itu, Camat Garung Amin Purnadi menyebut, melalui event Garung Keren Nyawiji ini, setiap tiap desa/kelurahan akan menampilkan kesenian minimal satu kelompok untuk pentas di Taman Garung Keren pada hari minggu terakhir tiap bulannya.

Selain itu lanjut Amin, Dalam penyelenggaraan event Garung Keren Nyawiji para pelaku UMKM diberi kesempatan untuk memasarkan produknya di seputar Taman Garung Keren. “Sehingga akan terwujud kolaborasi dan sinergitas antara pelaku seni/budaya dengan pelaku UMKM,” ujar Amin.

Kecamatan Garung sendiri merupakan wilayah pengembangan Jagatengah dengan potensi pengembangan di sektor pariwisata, perkebunan, pertanian hortikultura, peternakan dan industri kecil.

“Untuk itu, dalam mendukung upaya pencapaian visi-misi Kabupaten Wonosobo sesuai potensi wilayah pengembangan Jawa Tengah, maka para pelaku seni/budaya dan para pelaku UMKM di wilayah Kecamatan Garung perlu diberi akses yang lebih luas agar mereka bisa semakin maju, mandiri dan sejahtera,” sambungnya.

Baca juga :  Forkopimda Tinjau Lokasi TMMD Sengkuyung di Desa Pasuruhan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

You may also like

Leave a Comment

error: Content is protected !!